Terpantau Citra Satelit, China Bangun Tiruan Komplek Istana Kepresidenan Taiwan, Benarkah?

Terpantau Citra Satelit, China Bangun Tiruan Komplek Istana Kepresidenan Taiwan, Benarkah?

Citra Satelit.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Foto atau citra satelit baru yang beredar di media sosial menunjukkan versi tiruan dari Kantor Kepresidenan Taiwan melalui situs pelatihan militer Mongolia, di wilayah China.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 1 April 2024, pada bulan Maret lalu, seorang laksamana senior AS menjelaskan pada Komite Angkatan Bersenjata AS, mengenai ancaman yang mengemuka pada Taiwan akibat modernisasi militer China di bawah kepemimpinan Xi Jinping.

Menurut informasi, laksamana tersebut dengan menjelaskan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China ini mungkin telah siap untuk menyerang atau invasi Taiwan pada 2027 mendatang.

Sementara itu, China sendiri sudah menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah yang bersejarah, walau Beijing belum secara langsung mengendalikan pulai yang mempunyai pemerintahan sendiri tersebut sejak Partai Komunis China menguasai daratan China pada 1949.

BACA JUGA:Cobain Resep Udang Rambutan Ala Gacoan, Cocok Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H

Bicara mengenai propaganda, maka yang dilakukan oleh China selama ini cukup terbilang sukses, termasuk untuk mempengaruhi lawannya.

Seperti diketahui, saat China membangun dummy kapal induk nuklir dan kapal perusak AS di gurun Taklamaka wilayah Ruoqiang, China tengah.

Terlihat dari analisa citra satelit, dapat terlihat keberadaan dummy raksasa di gurun dipersiapkan sebagai latihan atau simulasi penyerangan pada armada Amerika Serikat.

Atas foto atau citra satelit yang baru-baru ini beredar di media sosial menunjukkan versi tiruan dari Kantor Kepresidenan Taiwan. 

BACA JUGA:Pecinta Pedas Wajib Coba, Resep Mie Gacoan Versi Asin, Bisa Dijadikan Hidangan Lebaran Idul Fitri 1445

Melalui citra sumber terbuka di situs Sentinel Hub Sinergise menunjukkan bahwa pembangunan kantor di lokasi pelatihan di Liga Alxa yang dimulai pada Maret 2021 lalu, serta hampir selesai pada Oktober 2021.

Sementara itu, media Newsweek sudah mengakses citra satelit terbaru yang mengonfirmasi keberadaan rencana serta struktur jalan yang meniru Kantor Kepresidenan Taiwan di Taipei.

Kemudian, pada Juli 2015 lalu, media China Center Television juga merilis gambar yang memamerkan latihan militer di Pangkalan Pelatihan Zhurihe di Mongolia Dalam.

Latihan tersebut juga menunjukkan tentara China telah menyerbu sebuah gedung yang mirip dengan kantor presiden Taiwan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: