Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Inilah 4 Stasiun Keberangkatan KA Lebaran 2024, Cek Disini

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Inilah 4 Stasiun Keberangkatan KA Lebaran 2024, Cek Disini

Stasiun keberangkatan KA Lebaran 2024.--Instagram @infipop.id

LINGGAUPOS.CO.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan dan menambahkan stasiun keberangkatan kereta api (KA) pada masa mudik Lebaran 2024.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 30 Maret 2024, saat ini sudah ada empat stasiun yang menjadi lokasi pemberangkatan KA guna antisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2024.

"Keberangkatan kereta api (KA) Lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi," demikian keterangan Kemenhub di situsnya.

Selain itu juga, Budi Karya Sumadi selaku Menhub menyatakan dengan penunjukan empat stasiun keberangkatan tersebut adalah upaya dalam meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik serta balik nanti.

BACA JUGA:Bukan Hanya Truk, Ada Abulance yang Ikut Mogok Usai Isi BBM Solar di SPBU Lubuk Linggau, Begini Jadinya

Selain itu adapun satu terobosan lainnya adalah dengan menambahkan dua rangkaian kereta api baru tujuan Jawa Barat, yaitu KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir-Stasiun Garut. 

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," kata Menhub Budi.

Menurut informasi, pada masa angkutan Lebaran 2024 ini, PT KAI Daop 1 juga sudah menyediakan 1.664 kereta api, dengan rata-rata hingga 76 perjalanan per harinya.

Sementara itu, untuk kereta api tambahan ada sebanyak 366 kereta api atau rata-rata 17 perjalanan per harinya.

BACA JUGA:Ini Peran ICMI Musi Rawas Menurut HRW, Diminta Atau Tidak Oleh Masyarakat, Pengurus Wajib Jalankan Ini

Selain itu, Menhub juga melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) guna memastikan pelayanan angkutan kereta api pada masa angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar.

Dengan adanya pemberlakuan ini, diharapkan tidak ada penumpukan penumpang di stasiun Kereta Api.

Selain itu, pada 2024 ini Stasiun Manggarai menjadi kali pertamanya menjadi stasiun pemberangkatan yang sebelumnya hanya di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Bekasi.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan PT KAI untuk memastikan pelayanan angkutan kereta api pada periode mudik serta balik Lebaran 2024 ini dapat berjalan dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: