Mengenal Apa Itu Perayaan Paskah, Arti dan Maknanya Begini Rupanya

Mengenal Apa Itu Perayaan Paskah, Arti dan Maknanya Begini Rupanya

Mengenal Apa Itu Perayaan Paskah, Arti dan Maknanya Begini Rupanya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID- Mengenal apa itu perayaan paskah, ketahui arti dan maknanya dalam ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pernahkah kamu mendengar kata Paskah maupun perayaan Paskah yang dirayakan oleh umat Kristen, begini rupanya penjelasannya.

Paskah bagi umat Kristen adalah momen yang sangat penting, karena merupakan titik di maan Yesus bangkit dari kematian untuk menebus dosa manusia.

Setiap tahunnya, umat Kristen Protestan dan Katolik merayakan Paskah. Begitu pun pada 2024 mereka juga akan merayakan paskah.

BACA JUGA:Berkumur Ketika Puasa Ramadan? Bagaimana Hukumnya, Simak Penjelasannya di Sini

Mereka memperingati dan merayakan hari kelahiran Yesus dan juga hari kematian-Nya. Hari-hari besar yang dirayakan umat Kristiani memberikan makna dan hikmah bagi setiap pengikutnya.

Sederhananya, jika Natal merupakan hari perayaan kelahiran Yesus sedangkan Paskah merupakan hari peringatan kematian Yesus Kristus.

Adapun secara etimologi Paskah berasal dari bahasa latin yakni Paskah, sementara itu dalam bahasa Yunani adalah Paskah dan dalam bahasa Aram adalah Pashadari serta dalam bahasa Ibrani Pesakh.

Dalam perjanjian Lama Paskah diambil dari bahasa Ibrani yakni Pesah. Kata tersebut berasal dari kata kerja yang artinya ‘melewatkan’ dengan makna ‘menyelamatkan’.

BACA JUGA:Salat Tarawih Tapi Belum Salat Isya, ini Hukumnya

Mengutip dari buku Hari Raya & Simbol Gerejawai, Paskah diartikan sebagai hari kebangkitan Kristus yang merupakan dasar kekristenan.

Adapun sebelum memasuki Paskah, umat Kristiani akan menjalani beberapa peringatan penting seperti  Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi dan sebagainya.

Peringatan-peringatan itu dimaksudkan sebagai masa sebelum Yesus bangkit dari kuburnya. Peringatan itu dikenal juga sebagai masa-masa sengsara.

Pada Jumat Agung umat kristiani akan mengingat bahwa Yesus akhirnya mati di Golgota. Dari kematian itulah nantinya umat Kristiani merayakan Paskah, tepatnya setelah tiga hari kematian Yesus Kristus d kayu salib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: