Tim SAR Temukan 10 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya yang Tenggelam, Simak Faktanya

Tim SAR Temukan 10 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya yang Tenggelam, Simak Faktanya

Tim SAR temukan 10 jenazah diduga pengungsi rohingya.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Tim SAR gabungan di bawah koordinasi Basarnas Banda Aceh telah melakukan evakuasi 10 jenazah dalam operasi pencarian 23 hingga 25 Maret 2024.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Kamis, 28 Maret 2024, para korban ini diduga merupakan pengungsi Rohingya yang sudah tenggelam setelah kapal yang mereka naiki terbalik di perairan Aceh Jaya.

Al Hussain selaku Kepala Basarnas Banda Aceh menyebut mayat tersebut ditemukan setelah mendapatkan laporan dari nelayan yang melihat ada jenazah yang mengapung di sejumlah titik di perairan Aceh Jaya.

Setelah mendapatkan temuan tersebut, dia kemudian langsung meminta pertolongan pada tim SAR.

BACA JUGA:Profil Lengkap Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Bukan Orang Sembarangan

“Nelayan Aceh Jaya yang sedang melaut melihat jenazah yang terapung diperairan Calang, Aceh Jaya, Pada posisi 3,5 Nm, dan nelayan tersebut melaporkan kepada pihak terkait untuk bantuan SAR,” katanya.

Al Hussain juga menyebut dalam pencariannya, Tim Rescue Kansar Aceh langsung menuju lokasi kejadian dengan memakai satu unit RIB Kansar Aceh. 

Pada sekitar jam 14.25 WIB, tim gabungan ini menemukan sebanyak enam jenazah di perairan dekat Perairan Ujung Muloh TPI Leumbesoh, Aceh Jaya.

Kemudian, Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah yang lalu diserahkan pada petugas di darat dengan menggunakan ambulans kemudian dibawa ke RSUD Teuku Umar Calang, Aceh Jaya.

BACA JUGA:Penting Menjaga Kondisi Tubuh Selama Ramadan, Yuk Disimak Diskon Produk Kesehatan di Alfamart, Waktu Terbatas

Diketahui, enam korban tanpa identitas ini semuanya berjenis kelamin perempuan dengan perkiraan usia 25 hingga 40 tahun.

“Tim SAR gabungan telah tiga hari melaksanakan operasi menyusul temuan mayat di perairan pertama kali pada Sabtu lalu. Tim standby di Pelabuhan Meulaboh Aceh Barat, Pelabuhan Calang Aceh Jaya, dan Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh,” kata Al Hussain.

Menurut informasi, hingga saat ini, total ada 10 jenazah yang berhasil dievakuasi oleh Tim SAR di perairan Calang.

Para korban ini diduga merupakan pengungsi Rohingya yang mana kapalnya terbalik di perairan Aceh pada Rabu, 20 Maret 2024 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: