Punya Penyakit GERD? Jangan Skip, Inilah 5 Tips Agar Tidak Kumat Saat Berpuasa

Punya Penyakit GERD? Jangan Skip, Inilah 5 Tips Agar Tidak Kumat Saat Berpuasa

Penyakit GERD.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Punya penyakit maag, asam lambung atau GERD tentu menjadi hal yang mengganggu bagi kamu yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadan.

Sebab tentu bagi kamu yang sedang alami penyakit tersebut tidak dapat makan dan minum selama 14 jam yang bisa menyebabkan sakit menjadi kumat.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 23 Maret 2024, walaupun demikian, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dengan berpuasa justru sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mampu mengatasi masalah pencernaan.

Lantas, bagaimana cara jika penderita asam lambung dan GERD ini bisa tetap menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman?

BACA JUGA:10 Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadan, Bikin Ibadah Nyaman Tanpa Drama

Jangan khawatir, LINGGAUPOS.CO.ID sudah merangkumnya dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 5 tips agar GERD kamu tidak kumat saat berpuasa, diharap untuk kamu tidak skip tips ini.

1. Pilihlah menu makanan yang tepat

Bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit GERD disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh lambung, seperti makanan yang memiliki tekstur lembut dan diolah dengan cara direbus.

Selain itu, hindari untuk makan-makanan yang memicu kenaikan asam lambung, seperti minuman bersoda, pedas, berlemak tinggi, berkafein, dan makanan yang asam.

BACA JUGA:Awas, 5 Masalah Kesehatan Berikut Ini Sering Kambuh saat Puasa, Dari Maag Hingga Diare dan Cara Mengatasinya

2. Jangan tidur setelah makan

Biasanya sebagian orang merasa ngantuk dan ingin tidur setelah mereka menyantap makan sahur.

Namun, kebiasaan tidur setelah sahur ini wajib untuk dihindari sebab langsung terlelap setelah makan bisa menyebabkan tekanan dalam lambung akan meningkat.

Alhasil, makanan dan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: