Asik! 4 Ruas Tol Ini Bakal Gratis saat Mudik Lebaran 2024, Segera Cek Daftar dan Jadwalnya

Asik! 4 Ruas Tol Ini Bakal Gratis saat Mudik Lebaran 2024, Segera Cek Daftar dan Jadwalnya

Ruas Tol ini bakal gratis saat mudik lebaran 2024.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal menggratiskan empat ruas tol secara fungsional saat musim mudik Lebaran 2024, yang mana bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024, Lisye Octaviana selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga menyebut, ruas jalan tol yang dimaksud yakni ruas Japek II Selatan (arus balik) segmen Sadang-Kutanegara, sepanjang 8,5 km.

"Untuk menampung kapasitas kendaraan yang akan meningkat, hal yang pertama kita siapkan adalah ruas fungsional Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km segmen Sadang-Kutanegara," kata Lisye.

Lebih lanjut, Lisye menjelaskan, jalur yang bersifat situasional ini nantinya disiapkan untuk membantu lalin dari Bandung menuju Jakarta, yang utamanya jika Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama alami kepadatan.

BACA JUGA:Juru Parkir Korban Pembunuhan di Lubuk Linggau Dimakamkan, ini Permintaan Keluarga

Selain itu, adapun ruas jalan tol Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Ngawen sepanjang 22,3 km, yang mana pada musim mudik Lebaran ini ada tambahan panjang ruas fungsional.

Disebutkan, jalur fungsional tersebut akan tersambung dengan Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali, yang kemudian ke Jalan Nasional Jogja-Solo.

Lisye juga menambahkan, pada jalur ini akan beroperasi pada pukul 06.00 hingga 17.00 WIB pada periode arus mudik mulai dari 5 hingga 11 April 2024.

Serta pada periode arus balik mulai dari 12 hingga 15 April 2024, hingga dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non-bus saja.

BACA JUGA:Tersangka Pembunuhan Karena Rebutan Lahan Parkir di Lubuk Linggau Ditangkap, ini Kronologisnya

Sementara itu, untuk pengoperasian fungsional selanjutnya yaitu akan ada tambahan satu jalur di Jalan Tol Palikancing KM 208+150 hingga KM 210+190, di sepanjang 2,04 km.

Keempat, Jasa Marga juga nanti akan mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 di Jalan Tol Cipularang baik arah Jakarta ataupun arah Bandung.

Dilakukannya hal ini, sebagai langkah guna mengantisipasi arus lalin kendaraan yang diproyeksikan akan meningkat jika dibanding dengan musim mudik Lebaran tahun 2023 lalu.

Kemudian, pada periode mudik Lebaran 2024 ini, diperkirakan aka nada 1,86 juta kendaraan yang akan meninggalkan Jabodetabek selama periode H-7 hingga H-2 atau akan mulai dari 3 hingga 8 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: