INFO MUDIK 2024: Daftar 3 Pelabuhan Penyebrangan ke Sumatera Selama Libur Idul Fitri 1445 H, Catat Jadwalnya

INFO MUDIK 2024: Daftar 3 Pelabuhan Penyebrangan ke Sumatera Selama Libur Idul Fitri 1445 H, Catat Jadwalnya

INFO MUDIK 2024: Daftar 3 Pelabuhan Penyebrangan ke Sumatera Selama Libur Idul Fitri 1445 H, Catat Jadwalnya-Tangkap Layar-dishub.bantenprov.go.id

LINGGAUPOS.CO.ID- Mudik 2024 ada sejumlah 3 pelabuhan penyebrangan ke Sumatera yang disiapkan untuk Mudik, catat ini jadwalnya.

Dalam rangka mudik lebaran 2024 Pemerintah bakal menyiapkan 3 pelabuhan penyebrangan dari Pulau Jawa ke Sumatera.

Adapun 3 pelabuhan penyeberangan tersebut  dari Pulau Jawa adalah menuju ke pelabuhan Bakauheni, Lampung yati pelabuhan Merak, Ciwandan, dan Bojonegara.

Hal ini sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

BACA JUGA:Segera Cek! Inilah Aturan Lengkap Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Sistem One Way dan Contra Flow

Ia mengatakan pemerintah menyiapkan tiga pelabuhan untuk melayani penyebrangan dari Pulau Jawa ke Sumatera pada masa mudik lebaran Idul Fitri 2024.

Selain itu diketahui jika penggunaan tiga pelabuhan untuk penyeberangan ke Sumatera ini mulai diberlakukan pada Rabu, 3 April hingga 9 April 2024.

Adapun untuk jenis kendaraan yang akan menyebrang juga diatur berdasarkan pada pelabuhan.

Pertama, yakni pelabuhan milik PT Bandar Bakau Jaya di Kecamatan Bojonegara, Serang, dikhususkan untuk mengangkut kendaraan golongan 8 dan 9.

BACA JUGA:5 Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi, Yuk Simak Agar Tetap Tenang Selama Perjalanan

Sementara, yang kedua lanjut Muhadjir, Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Lalu yang ketiga, yakni Pelabuhan Merak, yang dikhususkan untuk kendaraan roda empat, bus, hingga kendaraan pengangkut sembako.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah juga telah bekerja sama dengan Puskesmas dan rumah sakit mengenai posko kesehatan.

“Sudah disiapkan 112 posko kesehatan untuk wilayah Jawa dan 24 posko untuk wilayah jalur tol Sumatera,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: