Inilah 6 Amalan Perempuan Haid di Bulan Ramadan, Muslimah Harus Tahu!

Inilah 6 Amalan Perempuan Haid di Bulan Ramadan, Muslimah Harus Tahu!

Amalan perempuan haid di bulan Ramadan.--Freepik

BACA JUGA:Bolehkah Sahur di Jam 5 Pagi Karena Bangun Kesiangan, Yuk Cari Tahu Jawabannya di Sini

2. Melakukan Kerja Sosial 

Di antara yang bisa dilakukan oleh perempuan haid untuk mengisi bulan Ramadan dengan kebaikan ialah dengan melakukan kerja sosial. 

Kerja sosial yang dimaksud disini mencakup menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan.   

Termasuk diantaranya misal, melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, membantu menyiapkan berbuka untuk keluarga di rumah atau buka bersama di masjid atau yang lainnya dengan tujuan membantu orang lain. Allah Ta’ala berfirman:

BACA JUGA:4 Amalan yang Dapat Dilakukan Pada saat Malam Nuzulul Quran, Jangan Sampai Ketinggalan

وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ

Artinya, “Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (QS Al-Maidah: 2).   

3. Menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu 

Menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu dapat menjadi ibadah yang dilakukan oleh perempuan yang sedang haid. Sebab kegiatan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan bernilai baik dan ibadah.    

BACA JUGA:Inilah Cara Sahabat Nabi Mendidik Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini, Cek Tips Jitunya di Sini

Syekh Abu Laits Nasr bin Muhammad As-Samarqandi, dalam kitabnya Tanbihul Ghafilin meriwayatkan dari Muadz bin Jabal, ia berkata:

وَعَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، قَالَ: تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ فَإِنَّ تَعَلُّمَهُ حَسَنَةٌ، وَطَلَبَهُ عِبَادَةٌ، وَمُذَاكَرَتَهُ تَسْبِيحٌ، وَالْبَحْثُ عَنْهُ جِهَادٌ وَتَعْلِيمَهُ مَنْ لَا يَعْلَمَهُ صَدَقَةٌ، وَبَذْلَهُ لِأَهْلِهِ قُرْبَةٌ

Artinya, “Dari Muadz bin Jabal ra berkata: Belajarlah ilmu pengetahuan, sebab sesungguhnya belajar merupakan kebaikan, mencarinya merupakan ibadah, menelaahnya merupakan tasbih, mengkajinya merupakan jihad, mengajarkannya kepada yang belum tahu merupakan sedekah dan menyerahkannya kepada ahlinya merupakan amal yang dapat mendekatkan kepada Allah”. (As-Samarqandi, Tanbihul Ghafilin, [Beirut, Dar Ibnu Katsir: 2000], halaman 429).  

4. Memberi makan untuk orang yang berbuka puasa 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.or.id