Ternyata Diabetes Boleh Loh Puasa, Simak 8 Tips Ini Agar Gula Darah Tetap Normal

Ternyata Diabetes Boleh Loh Puasa, Simak 8 Tips Ini Agar Gula Darah Tetap Normal

Diabetes.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Jadwal makan saat puasa di bulan Ramadan ini tentulah akan berubah, sehingga bagi penderita diabetes perlu strategi khusus supaya gula darah tetap normal pada saat menjalani puasa ini.

Diambil dari situs Rumah Sakit Siloam yang dikutip pada Kamis, 21 Maret 2024, penyakit diabetes merupakan penyakit yang kronis berupa tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Kondisi seperti ini akan membuat penderita diabetes perlu untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan memperhatikan pola makan serta asupan nutrisinya dengan sebaik mungkin apalagi saat menjalani puasa.

Jika kadar gula dalam tubuh dalam batas normal dan tidak alami komplikasi tertentu, dokter akan memperbolehkan penderita diabetes tipe 2 untuk jalani puasa Ramadan.

BACA JUGA:7 Cara Atasi Sembelit Saat Puasa Ramadan, Nomor 1 Paling Mudah Dilakukan

Pada saat menjalani ibadah puasa, penderita diabetes dapat menerapkan 8 tips berikut agar kadar gula darah kamu tetap normal.

1. Konsultasi dengan dokter

Tips pertama bagi penderita diabetes yaitu dengan berkonsultasi ke dokter guna memastikan tubuh dalam keadaan sehat serta tidak alami komplikasi.

Apabila diperlukan, dokter akan menyesuaikan lagi jadwal konsumsi obat dengan perubahan pola makan bagi penderita penyakit ini selama berpuasa.

BACA JUGA:3 Tips Cegah Sembelit Selama Bulan Puasa Ramadan, Ibadah Khusyuk Tanpa Drama

2. Jangan lewatkan makan sahur

Sebelum jalani puasa, penting untuk kamu untuk tidak melewatkan makan sahur supaya kebutuhan energi dalam tubuhmu dapat tercukupi dengan baik.

Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi menu sahur yang sehat dengan gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, vitamin, protein hingga mineral.

3. Makan 3 kali sehari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: