Doa Dulu Sebelum Buka Puasa Ramadan Ternyata Keliru, Begini yang Tepat Menurut Ustadz Adi Hidayat, Yuk Disimak

Doa Dulu Sebelum Buka Puasa Ramadan Ternyata Keliru, Begini yang Tepat Menurut Ustadz Adi Hidayat, Yuk Disimak

Saat berbuka puasa umumnya kita membacakan doa. Ternyata hal ini keliru, ini penjelasan Ustadz Adi Hidayat mengenai doa buka puasa yang benar.-Tangkap Layar-cookpad @leny_141705

BACA JUGA:Isu Boikot Produk Israel di bulan Ramadan Banyak Dimanfaatkan untuk Cari Keuntungan

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu-lah aku berpuasa dan atas rezekimu aku berbuka."

Hadis di atas sendiri berasal dari Muadz bin Zuhrah. Ulama menilai riwayat tersebut sebagai daif atau lemah dari segi sanad.

Kendati demikian, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, sekalipun sebuah doa berasal dari hadis yang lemah, tidak serta-merta kita langsung meninggalkannya.

Apabila kandungan hadis tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam, para ulama hadis mengatakan bahwa keutamaan hadis tersebut masih bisa kita amalkan.

BACA JUGA:12 Hal Aktivitas Sering Dianggap Orang Membatalkan Puasa, Padahal Tidak Lho, Berikut Faktanya

Namun, ulama mengingatkan, supaya lebih aman, kita amalkan saja doa tersebut tanpa menyandarkannya dengan hadis Nabi.

"Jadi sekalipun hadisnya dinilai daif, tapi kalau isinya tidak bertentangan dengan nilai akidah, halal-haram, dan dianggap sebagai keutamaan-keutamaan amal saja-yang jangankan pakai bahasa Arab, pakai bahasa Indonesia pun-itu tidak masalah," jelas Ustadz Adi Hidayat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: