Benarkah Marah Membatalkan Puasa ? Simak Begini Penjelasannya

Benarkah Marah Membatalkan Puasa ? Simak Begini Penjelasannya

Benarkah Marah Membatalkan Puasa ? Simak Begini Penjelasannya --Pixabay.com

BACA JUGA:Inilah 7 Tips Berwisata ke Luar Negeri saat Puasa Ramadan, Berani Coba?

Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa sesungguhnya puasa tidak hanya sekedar menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu lainnya saja.

Namun, Rasulullah selalu mengajarkan umatnya bahwa pada dasarnya puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Puasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum saja, puasa adalah menahan diri dari perkataan sia-sia dan keji.”. (HR Baihaqi dan Al-Hakim)

Sementara itu, keutamaan bagi orang yang dapat menahan amarah juga akan dibalas dengan pahala yang tak terbatas.

BACA JUGA:Yuk Aktif, Inilah 4 Referensi Kegiatan Wisata Keluarga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa Ramadan

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Az Zumar ayat 10 tentang keutamaan orang yang dapat menahan amarah.

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dibalas dengan pahala tanpa batas.” (QS. Az Zumar ayat 10). 

Untuk itu, meskipun setiap manusia dapat merasa marah kapan saja dan dimana saja, terlebih dalam kondisi yang membuatnya tertekan. Dengan berpuasa, diharapkan bisa menahan dan mengontrol amarah seseorang.

Agar pahala selama berpuasa tidak sirnah akibat marah-marah. Wallahu a’lam. Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: