Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih Malam Tadi, Menetapkan Puasa Duluan, Begini Informasinya

Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih Malam Tadi, Menetapkan Puasa Duluan, Begini Informasinya

Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih Malam Tadi, Menetapkan Puasa Duluan, Begini Informasinya--instagram: txt.viral

GUNUNGKIDUL, LINGGAUPOS.CO.ID - Jamaah masjid Aolia Gunungkidul, Yogyakarta  sudah melaksanakan salat tarawih, mereka telah menetapkan puasa duluan, begini informasinya.

Beredar di media sosial yang memperlihatkan jamaah Masjid Aolia di Kecamatan Panggung, Gunungkidul, Yogyakarta sudah menggelar salat tarawih malam tadi.

Para jamaah di masjid tersebut mulai laksanakan tarawih pada Rabu, 6 Maret 2023 malam, maka dengan begitu mereka telah menetapkan puasa duluan.

Pemerintah maupun Muhammadiyah pun belum mulai melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Namun, Jamaah Masjid Aolia ini mulai 1 Ramadan pada Kamis 7 Maret 2024.

BACA JUGA:Viral, Polisi Kejar-Kejaran dengan Sopir Truk di Sukabumi Ditengah jalanan Ramai, Menegangkan

Adapun pengasuh jamaah Aolia yaitu, KH Raden Ibnu Hajar Sholeh mengimbau kepada seluruh warga untuk menghormati perbedaan yang ada dan mementingkan kerukunan antar umat beragama.

Ia juga mengatakan bahwa, berdasarkan pada perhitungannya tanggal 30 Syaban jatuh pada tanggal 6 Maret 2024.

“Besok sudah masuk bulan Ramadan,” ujarnya pada 6 Maret 2024 

Ia pun mengatakan jika perbedaan hanya terdapat pada pelaksanaan ibadah Ramdan yang tidak mengikuti perhitungan pemerintah.

BACA JUGA:Wadaw, Wanita di Bandung Kena Tipu Polisi Gadungan Modal Tampang Rugi Rp165 Juta, Pelaku Asal Sumsel

“Jika pemerintah mau tanggal 12 ya boleh, Muhammadiyah tanggal 11 boleh, tergantung keyakinan masing-masing,” lanjutnya.

Dengan begitu, berbeda dengan penetapan pemerintah yang belum menetapkan awal bulan Ramadan, ribuan jemaah Masjid Aolia yang tersebar di sejumlah wilayah Gunungkidu ini sudah menjalankan ibadah salat tarawih perdana pada malam tadi.

Dengan begitu, mereka akan mulai berpuasa Ramadan pada hari ini, Kamis 7 Maret 2024. Berdasarkan pada informasi yang berhasil dihimpun, dikatakan bahwa ribuan jamaah yang tersebar di masjid Gunungkidul sudah melakukan salat tarawih sejak pukul 19.45 WIB.

Dalam video yang beredar, terlihat berlangsungnya salat berjalan dengan khusyuk dan penuh kekhidmatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: