Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah

Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah

Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah--Pixabay

LINGGAUPOS.CO.ID - Catat berikut ada 4 tips untukmu mengatur jam tidur saat puasa nanti, lakukan hal ini biar pola tidurmu tidak berantakan dan menyebabkan masalah, berikut selengkapnya.

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2024.

Bulan yang paling dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, bulan suci yang banyak terdapat keistimewaan di dalamnya.

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan di bulan ini adalah puasa. Selama bulan Ramadan nanti umat muslim diharuskan menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam alias berpuasa.

BACA JUGA:Penyelidikan Penyebab Kebakaran Bedeng Belakang SPBU di Lubuk Linggau Selesai, Berikut Kesimpulan Polisi

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama bulan suci Ramadan adalah waktu tidurmu.

Pola tidur saat puasa biasanya berubah karena adanya jadwal buka dan sahur. Jika kamu makan berlebihan hingga larut malam saat berbuka, kamu bisa jadi telat tidur. 

Hal tersebut juga dapat mengganggu waktu bangun sahur jika kamu telat tidur. Untuk itu jam tidur ini harus disiasati dengan baik.

Agar jam tidurmu tidak berantakan. Sebab, jam tidur yang berantakan selama puasa bisa menurunkan kuantitas dan kualitas tidur.

BACA JUGA:Ada Sabu di Atas Lemari Warga Muara Lakitan Musi Rawas, Ternyata Pengedar

Disamping itu,hal ini bisa berujung pada rasa kantuk yang tidak tertahankan di pagi hingga siang hari yang bisa membuatmu jadi tidak fokus, menurunkan produktivitas, hingga mengganggu kelancaran ibadah puasamu.

Apalagi jam tidur yang tidak diatur dengan baik juga bisa mempengaruhi hormon ghrelin dan leptin yang berperan mengatur rasa kenyang dan lapar. 

Saat kedua hormon tersebut tidak seimbang, salah satu efeknya adalah makan berlebihan. Alhasil, kamu justru mengalami peningkatan berat badan di bulan puasa.

Untuk itu, kamu perlu tips berikut untuk mengatur pola tidurmu. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber, dibawah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: