Berikut Inilah Akibat Memakai Produk Kecantikan yang Sudah Kadaluarsa

Berikut Inilah Akibat Memakai Produk Kecantikan yang Sudah Kadaluarsa

Berikut inilah akibat memakai produk kecantikan yang sudah kadaluwarsa.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Setiap orang tentu memiliki produk kecantikan favoritnya masing-masing, baik produk makeup, skincare ataupun perawatan rambut.

Namun terkadang, beberapa orang juga begitu menyukai barang-barang tersebut sampai pada titik ingin terus menyimpannya bahkan saat barang tersebut sudah kadaluarsa.

Pada saat produk tersebut sudah mencapai tanggal kadaluarsanya atau sesuatu yang jarang kita periksa, barang-barang tersebut mungkin menjadi tidak layak untuk dipakai.

Serta penggunaan produk kecantikan yang kadaluarsa ini bisa berdampak buruk pada kulit, rambut serta kesehatan kita secara keseluruhan.

BACA JUGA:Siap-Siap Rekrutmen OJK, Program Pendidikan Calon Staf (PCS) Angkatan 7 Mulai 1 Sampai 6 Maret 2024

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat 1 Maret  2024, umur simpan produk kecantikan bervariasi dari satu produk ke produk lainnya, namun sebagian besar mempunyai tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasannya.

Tanggal ini juga menunjukkan periode dimana produk tetap stabil serta efektif.

Sehabis jangka waktu tersebut, produk mungkin mulai akan rusak, kehilangan potensinya, serta menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur.

“Tanggal kadaluarsa terdapat pada produk perawatan kulit untuk menunjukkan tanggal hingga produk tersebut terbukti stabil dan bebas kontaminasi,” jelas dokter kulit Joshua Zeichner, MD.

BACA JUGA:Prediksi Unsur Pimpinan DPRD Musi Rawas, Nasdem Geser, Gerindra Pendatang Baru Bersaing Rebut Kursi Ketua

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan memakai produk yang lewat tanggal kadaluarsanya bukanlah sebuah larangan yang mutlak, namun ada beberapa risiko utama.

Berikut inilah akibat menggunakan produk kadaluarsa yang tidak kamu sadari.

1. Reaksi alergi dan jerawat

Dari Dermatolog Jeanette Graf, MD menyebutkan produk kecantikan yang kadaluarsa dapat menimbulkan reaksi alergi, apalagi jika diformulasikan dengan bahan yang diketahui menyebabkan alergi atau iritan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: