Hari Pramuka Sedunia 22 Februari: Berikut Sejarah Singkat Hingga Mengenal Sosok Bapak Pramuka Dunia

Hari Pramuka Sedunia 22 Februari: Berikut Sejarah Singkat Hingga Mengenal Sosok Bapak Pramuka Dunia

Hari Pramuka Sedunia 22 Februari.--Freepik

BACA JUGA:5 Persiapan Menjelang Bulan Ramadan, Sudahkah Kamu Siap

Melansir dari laman scout.org Baden Powel ini lahir pada 22 Februari 1857 di London, Inggris.

Dirinya merupakan anak ke delapan dari sepuluh bersaudara. Ayahnya merupakan seorang profesor di Universitas Oxford.

Selain itu, Baden adalah tokoh pendiri gerakan kepanduan sedunia, yang awal berdiri organisasi pramuka yang kemudian saat ini berkembang pesat hingga mendunia.

Baden juga pertama kali mendapatkan pendidikan dari ibunya sebelum akhirnya mengenyam pendidikan di Charterhouse School, salah satu institusi paling bergengsi di Inggris.

BACA JUGA:Dilaporkan Perempuan Muda ke Polda Sumatera Selatan, ini Kata Perwira Polres Banyuasin

Kemudian, sepanjang masa pendidikannya di Charterhouse School, ia mulai tertarik di berbagai kegiatan alam bebas dari bersembunyi di hutan di sekitar sekolah untuk melacak satwa liar.

Diketahui, oada 1907, Baden menyelenggarakan kamp eksperimental di Pulau Brownsea untuk menindaklanjuti idenya dengan mengumpulkan 20 anak laki-laki dengan latar belakang ekonomi berbeda dalam perjalanan petualangan berkemah.

Lalu, pada 1920, Baden diangkat sebagai Ketua Pramuka Dunia atau Bapak Pandu Sedunia, dan saat itu juga diadakannya Jambore Pramuka Dunia pertama kali di Olympia, London dengan dihadiri oleh 8 ribu gerakan Pramuka yang berasal dari 34 negara di dunia..

Pada 1942 Baden dinyatakan meninggal dunia di usianya yang ke 83 tahun setelah jatuh sakit sejak 1938 dan dimakamkan di Kenya.

BACA JUGA:AS Gunakan Kembali Hak Veto untuk Gagalkan Gencatan Senjata di Gaza

Itulah informasi seputar Hari Pramuka Sedunia. Semoga bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: