Malam Nisfu Syaban Penuh Kemuliaan, Begini Kisah Bersejarah yang Terjadi Pada Malam Itu

Malam Nisfu Syaban Penuh Kemuliaan, Begini Kisah Bersejarah yang Terjadi Pada Malam Itu

Malam Nisfu Syaban Penuh Kemuliaan, Begini Kisah Bersejarah yang Terjadi Pada Malam Itu--Pixabay.com

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 2024 Dilakukan 3 Tahap, Berikut Agendanya

Perpindahan itupun dimaksudkan untuk menjinakkan hati orang-orang Yahudi dan untuk menarik mereka kepada syariat Al-Quran dan agama yang baru, yaitu agama tauhid.

Namun, sayangnya setelah Rasulullah SAW menghadap  Baitul Muqoddas selama 16-17 bulan, ternyata harapan Rasulullah tidak terpenuhi.

Orang-orang Yahudi di Madinah justru berpaling dari ajakannya, bahkan mereka merintangi Islamisasi yang dilakukan Nabi dan mereka telah bersepakat untuk menyakitinya. Mereka menentang nabi dan tetap berada di kesesatan.

Karena itu, Rasulullah SAW berulang kali berdoa memohon kepada Allah SWT agar diperkenankan pindah kiblat salat dari Baitul Muqoddas ke Ka’bah lagi, setelah Rasul mendengar ejekan dari orang-orang Yahudi.

BACA JUGA:Resep Puding Cendol, Cocok untuk Hidangan Buka Puasa Ramadan, Anak-anak Pasti Suka

Orang Yahudi mengatakan, “Muhammad menyalai kita  dan mengikuti kiblat kita. Apakah yang memalingkan Muhammad dan para pengikutnya dari kiblat (Ka’bah) yang selama ini mereka gunakan?”

Ejekan itu pun kemudian dijawab oleh Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 143 yang artinya:

“Dan kami tidak menjadikan kiblat yang menjadi kiblatmu, melainkan agar kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot.”

Hingga akhirnya Allah SWT memperkenankan Rasulullah SAW memindahkan kiblat salat dari Baitul Muqoddas ke Ka’bah sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 144.

BACA JUGA:3 Resep Puding Kurma Cocok untuk Anak-anak, Sajian Pas Puasa Ramadan

“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. 

Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Q.S AL-Baqarah ayat 144). (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: