Urutan Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Lengkap Beserta Artinya, Yuk Catat dan Hafalkan

Urutan Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Lengkap Beserta Artinya, Yuk Catat dan Hafalkan

Urutan Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Lengkap Beserta Artinya, Yuk Catat dan Hafalkan--instagram: hafsah_huda

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui urutan bacaan ziarah kubur singkat lengkap beserta artinya dalam ulasan selengkapnya berikut ini. Yuk simak dan hafalkan.

Masyarakat Indonesia mestinya sudah tahu dengan tradisi satu ini yakni Ziarah Kubur yang sering dilakukan utamanya pada hari-hari tertentu.

Biasanya paling ramai, ziarah kubur dilakukan pada saat sebelum bulan Ramadan, pada saat hari raya Idul Fitri hingga Idul Adha, di momen itu masyarakat Indonesia banyak melakukan ziarah kubur.

Ziarah kubur sendiri adalah salah satu bentuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Nah, ada sejumlah doa urutan doa ziarah kubur yang bisa diamalkan muslim.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Makan di Bulan Ramadan sesuai Alquran dan Hadits

Adapun mengutip dari buku Menelisik Hakikat Silaturahmi tulisan Prof Dr KH Nasaruddin Umar, disebutkan bahwa walaupun seseorang telah meninggal dunia, itu bukanlah penghalang untuk tetap menjalin silaturahmi.

Mengunjungi makam orang tua yang telah wafat dan mendoakan mereka adalah salah satu cara untuk bersilaturahmi dengan mereka.

Sementara, doa yang kita panjatkan akan memberikan manfaat bagi mereka di akhirat. Rasulullah SAW bahkan telah memerintahkan umatnya untuk menziarahi kerabat yang telah meninggal dunia dengan mendatangi makam mereka.

Dalam sebuah hadits disebutkan, yang artinya: “Aku telah melarang kalian ziarah kubur, dan telah diizinkan bagi Muhammad untuk menziarahi makam ibunya, maka kalian berziarahlah ke kubur, karena ziarah kubur mengingatkan pada akhirat.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Pemerintah Putuskan 1 Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, Berdasarkan Hasil Pantauan 134 Hilal

Lantas, bagaimana urutan doa ziarah kubur. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber. Selengkapnya berikut ini.

Urutan Doa Ziarah Kubur

1. Membaca Salam

Bacaan Arab Latin: "Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: