Apa Itu Pers, Ketahui Perannya di Indonesia: Penting Bagi Negara

Apa Itu Pers, Ketahui Perannya di Indonesia: Penting Bagi Negara

Apa Itu Pers, Ketahui Perannya di Indonesia: Penting Bagi Negara--dok:linggaupos.co.id

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Rapat Koordinasi Teknis Pengamanan di Polres Musi Rawas

Pers pun turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan tetap menjunjung tinggi kekritisan, pers dapat menyajikan informasi yang bersifat pengetahuan untuk menambah wawasan masyarakat.

Dengan menyajikan berita yang benar, jujur dan bertanggung jawab juga menjadi bagian dari usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Membentuk Opini sekaligus Menjaga Kerukunan Masyarakat

Terakhir, tentunya pers memiliki peran besar dalam membentuk opini masyarakat. Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999, pers berperan dalam mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.

BACA JUGA:Lisa BLACKPINK Luncurkan Agensi Miliknya Bernama LLOUD

Masyarakat akan beropini sesuai dengan informasi yang didapatnya , termasuk informasi dari media.

Nah, masyarakat juga dapat menjadi sejuk ketika informasi yang disajikan merujuk pada kebenaran. Sebaliknya, konflik akan terjadi saat informasi yang diberikan berisi fitnah dan provokatif.

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu pers, serta peran pers bagi Indonesia yang banyak orang belum ketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: