Kapan Isra Mi'raj Tahun 2024, Berikut Pendapat Para Ulama

Kapan Isra Mi'raj Tahun 2024, Berikut Pendapat Para Ulama

Sejarah Isra Mi'raj dan kapan waktunya--freepik.com

BACA JUGA:6 Manfaat Mengajarkan Anak Berhijab Sejak Dini, Langkah Awal Jadi Anak Soleha

Sedangkan bagian kedua, mikraj, mencakup perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Bumi ke langit ketujuh. Kemudian dilanjutkan hingga bertemu dengan Sidratul Muntaha, tempat di mana Allah SWT memberikan perintah langsung kepada Nabi untuk mendirikan salat.

Awalnya, perintah tersebut mencakup 50 kali salat sehari semalam.

Dalam pertimbangan kebijaksanaan dan keringanan bagi umatnya, jumlah salat kemudian dikurangi menjadi lima kali sehari semalam setelah permohonan Rasulullah untuk keringanan, menggambarkan kearifan dan rahmat Allah kepada umat manusia.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa terdapat juga di dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 1:

BACA JUGA:7 Cara Orang Tua dalam Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Yuk Mulai Sekarang Diterapkan

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Kisah Mikraj naiknya Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh juga berada di dalam surah Al-Najm ayat 13-18:

: "13. Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupa yang asli) pada waktu yang lain, 14. (yaitu) di Sidratul Muntaha. 15. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, 16. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. 17. Penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya itu[14] dan tidak (pula) melampauinya. 18. Sungguh, dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kebesaran) Tuhannya yang paling besar."

Namun, penanggalan peringatan Isra Mi'raj 2024 bergantung pada kalender Hijriah.Sehingga tanggal peringatannya dalam kalender Masehi akan bervariasi setiap tahunnya.

BACA JUGA:Ini Alasan Muhammadiyah, Tetapkan Puasa Ramadan Senin 11 Maret dan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Tanggal peringatan Isra Mi'raj ditentukan berdasarkan kalender Hijriah, sehingga penanggalannya akan berfluktuasi setiap tahun dalam kalender Masehi.

Para ulama ternyata berbeda pendapat tentang kapan terjadinya Isra Mi'raj.

 Ada 6 macam pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra dan Mikraj.  Meski begitu, tidak ada satupun yang pasti kebenarannya.

Hal ini didukung oleh Al-Aini dalam Umdatul Qari-nya dan An-Nawawi dalam Al-Minhaj-nya yang menyebutkan beberapa tanggal terjadinya Isra dan Mikraj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: