7 Cara Orang Tua dalam Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Yuk Mulai Sekarang Diterapkan

7 Cara Orang Tua dalam Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Yuk Mulai Sekarang Diterapkan

Cara orang mendudik anak dalam ajaran islam--Frepik.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Anak merupakan anugerah bagi setiap orang tua. Disamping itu, Anak juga merupakan amanah bagi orang tua dimana orang tua berkewajiban untuk mendidik Anak menjadi manusia yang baik, mandiri, percaya diri dan berkarakter. 

Setiap orang tua memang memiliki cara masing-masing dalam mendidik anak, namun bagi orang tua muslim penting untuk mengetahui parenting Islami sebagai langkah dalam mendidik anak secara Islami.

Parenting Islami merupakan pola pengasuhan orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak dengan menggunakan nilai dan dasar Islami. 

Dasar utamanya adalah Al-Quran dan Sunnah. Tujuan dari parenting Islami ini perlu diketahui oleh orang tua sebagai tuntunan dalam mengajarkan shalat, mengaji, bergaul, adab, serta perilaku berdasarkan ajaran Islam.

BACA JUGA:7 Cara untuk Mencegah Anak Terpapar Pornografi, Simak Ulasannya di Sini

Lantas bagaimana cara mendidik anak secara Islami dan sesuai dengan tuntunan yang ada di Al-Quran dan Sunnah. Berikut caranya.

1. Memperdengarkan Al Quran Sejak Lahir

Sejak anak lahir, atau bahkan sejak masih berada di dalam kandungan, berikan lantunan ayat-ayat suci Al Quran baik secara langsung maupun melalui mp4. 

Anak sudah terbiasa dengan lantunan ayat Quran setiap harinya akan lebih mudah ingat dan hafal. 

BACA JUGA:Anak Mantan Kades di Lahat Bacok Anggota LSM, Penyebabnya Tidak Disangka

Dengan ditambah pemahaman dari orang tua secara perlahan, maka proses mendidik anak secara Islami akan lebih mudah untuk diterapkan. 

Selain itu, pada saat lahir juga, Ayah dan keluarga juga bisa mendoakan anak agar ia tumbuh menjadi anak yang saleh. 

2. Beri Nama yang Baik

Sebagian orang tua di luar sana ada yang dengan sengaja memberi nama unik atau 'nyeleneh' kepada anak agar menjadi viral. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: