Apa Saja Kewajiban Orang Tua Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Simak 3 Ulasan Ini

Apa Saja Kewajiban Orang Tua Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Simak 3 Ulasan Ini

Cara orang tua mendidik anak dalam Islam--Frepik.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Menerapkan parenting Islami tentu saja tidaklah mudah, orang tua membutuhkan kesabaran, ketelatenan, serta pola asuh yang tepat agar anak dapat tumbuh dengan nilai-nilai islam yang kuat. 

Karena dalam Islam, mendidik anak sholeh tidak hanya ditujukan untuk kebaikan anak saja, namun juga untuk kebaikan orang tua dan lingkungan.

Lantas seperti apa sih parenting Islami itu? Simak penjelasan berikut ini.

Parenting Islami merupakan pola pengasuhan orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak dengan menggunakan nilai dan dasar Islami. 

BACA JUGA:Ini Alasan Muhammadiyah, Tetapkan Puasa Ramadan Senin 11 Maret dan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Dasar utama dari pola parenting ini adalah mengikuti tuntunan yang ada di dalam Al-Quran. 

Tujuan dari parenting Islami ini perlu diketahui oleh orang tua sebagai tuntunan dalam mengajarkan salat, mengaji, bergaul, adab, serta perilaku berdasarkan ajaran Islam.

Berdasarkan parenting Islami, terdapat 3 kewajiban orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan ajaran agama islam antara lain:

1. Mengenalkan Hubungan yang Harmonis dengan Allah SWT

BACA JUGA:Doa di Bulan Rajab 1445 H, Agar Dipertemukan dengan Ramadan 2024

Hal mendasar yang wajib orang tua lakukan dalam mendidik anak adalah dengan mengenalkan anak kepada siapa Tuhannya, siapa yang menciptakannya. 

Konsep Ketuhanan atau dikenal dengan Tauhid ini harus ditanamkan sejak masih bayi, bahkan sejak lahir dengan cara mengazankannya.

Hubungan yang baik dan harmonis dengan Allah harus menjadi landasan utama dalam mendidik serta merancang pola asuh yang tepat bagi anak. 

Cara paling sederhana untuk mengenalkan anak dengan Allah adalah dengan mengajarkan shalat sejak dini. Ceritakan mengenai manfaat salat, kewajiban salat, serta mengapa umat muslim harus salat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: