Kopi Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, Ketahui Ini Efek Minum Kopi Sebelum Tidur

Kopi Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, Ketahui Ini Efek Minum Kopi Sebelum Tidur

Efek minum kopi sebelum tidur.--pixabay.com

BACA JUGA:Inilah 3 Rekomendasi Tumbler Kopi untuk Para Milenial yang Suka Beli Kopi di Coffee Shop

Jika ingin kembali pada siklus tubuh pada umumnya, mudahnya kurangi asupan kopi harian selama sebulan, maka hari berikutnya sensitifitas tubuh akan kafein seperti orang pada umumnya.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah kafein kopi akan membuat seseorang terjaga di malam hari, tergantung pada sensitifitas tubuh mereka akan kafein kopi.

2. Kafein Kopi Tidak Berpengaruh pada Kualitas Tidur

Sebagian orang masih khawatir untuk minum kopi, karena beranggapan bahwa kopi akan menimbulkan masalah sulit tidur.

BACA JUGA:Ketahui, Inilah 12 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Salahsatunya Bisa Mencegah Kanker

Lebih jelasnya lagi, kafein kopi tidak berpengaruh apa pun pada kualitas tidur dan juga kuantitas tidur.

Hal ini dijelaskan para peneliti dari Harvard Medical School dan Florida Atlantic University dengan menyimpulkan penelitian dari mempelajari kualitas 785 orang pada total 5.164 malam setelah mengkonsumsi kafein kopi, alkohol dan nikotin.

Dengan mencatat durasi tidur, efisiensi tidur dan seberapa cepat seseorang bangun, malah para peneliti menemukan bahwa konsumsi alkohol dan nikotin 4 jam sebelum tidur berpengaruh mengurangi kualitas tidur, sedangkan kafein kopi tergantung pada bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap kafein kopi yang mereka konsumsi.

Tidak ada aturan mutlak bahwa kafein kopi bisa membuat seseorang mengalami masalah tidur, hal ini tentang sensitivitas seseorang menerima kafein kopi.

BACA JUGA:Pecinta Kopi Wajib Tahu, Inilah 7 Jenis Cangkir Terbaik untuk Minum Kopi

Walaupun demikian, tidak ada penelitian yang menyarankan untuk berhenti mengonsumsi kafein kopi sepenuhnya, meskipun untuk beberapa orang minum kopi 3 jam atau 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur seseorang.

Maka baiknya, kenali sensitifitas tubuh akan konsumsi kafein kopi, seberapa banyak konsumsi kopi lebih mudah diatur jika seduh kopi sendiri, dengan pour over misalkan. Selamat meneguk nikmatnya kopi di malam hari.

Inilah efek minum kopi sebelum tidur. Semoga bermanfaat.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di sudut kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: