5 Juta Warga Yaman Berdemo Usai Serangan AS-Inggris, Yaman Siap Berperang

5 Juta Warga Yaman Berdemo Usai Serangan AS-Inggris, Yaman Siap Berperang

Viral jutaan warga Yaman terlihat melakukan aksi demo usai serangan udara yang diluncurkan oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada Jum’at, 12 Januari 2024 ke pangkalan Militer Houthi.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Viral jutaan warga Yaman terlihat melakukan aksi demo usai serangan udara yang diluncurkan oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada Jumat, 12 Januari 2024 ke pangkalan Militer Houthi.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 15 Januari 2024.

Menurut keterangan, warga Yaman ini berkumpul di berbagai kota untuk menunjukkan bentuk protesnya dan mengutuk tindakan yang dilakukan oleh AS-Inggris saat menyerang wilayah mereka.

Yaman merupakan negara yang memperjuangkan dan membela kemerdekaan Palestina kini ikut diserang. Sebab Gelombang konflik antara Israel-Gaza yang meluas.

BACA JUGA:7.665 Keluarga Terdampak Banjir di Musi Rawas, Pemberian Bantuan Belum Merata

Diketahui, kejadian ini dipicu sebab AS-Inggris yang tidak terima atas perlakuan Houthi selaku Gerakan bersenjata Yaman yang melakukan pembajakan terhadap kapal-kapal mereka di Laut Merah yang akan menuju Israel.

James Heappey selaku Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa serangan Amerika yang dilakukan merupakan sebagai bentuk pembelaan diri guna melemahkan kemampuan Houthi.

Diketahui, Houthi mengatakan bahwa mereka hanya menargetkan kapal-kapal yang akan menuju ke Israel, yang mana lebih dari 1000 mil jauhnya.

Pembajakan yang dilakukan Houthi ini merupakan bentuk dukungan terhadap Palestina yang saat ini masih dilanda konflik dengan Israel.

BACA JUGA:Sederet Fakta, Kerusuhan Mematikan Melanda Papua Nugini, Diduga Akibat Pemotongan Gaji PNS

“Kami tidak menyerang Pantai Amerika, kami juga tidak bergerak di pulau-pulau Amerika, kami juga tidak menyerang mereka” kata Al Houthi.

Warga Yaman memberi respon terhadap serangan yang diluncurkan AS-Inggris dengan melakukan demo secara besar di berbagai kota pada Jum’at, 12 Januari 2024. 

Beberapa kota ini diantaranya kota Hodeida, IBB dan juga pusat kota Sana’a.

Akun Instagram @khaledbeydoun yang memposting aksi demo tersebut, menyebutkan bahwa tercatat ada 5 juta warga Yaman yang berkumpul di Kota Sana’a untuk melakukan demo serta protes terjadap peluncuran bom oleh AS-Inggris tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: