Jelang Pemilu, Linmas di BTS Ulu Musi Rawas Dapat Pelatihan dari Polsek

Jelang Pemilu, Linmas di BTS Ulu Musi Rawas Dapat Pelatihan dari Polsek

Jelang Pemilu, Linmas di BTS Ulu Musi Rawas Dapat Pelatihan dari Polsek--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Jelang pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 tinggal sebulan lagi.

Karena itulah, Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kecamatan BTS Ulu mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Polsek BTS Ulu.

Pelaksanaan pelatikan ini dilaksanakan Polsek BTS Ulu yang langsung koordinasi dengan Pemerintah Desa di BTS Ulu.

Kapolres Musi Rawas AKBP Andi Supriadi didampingi Kapolsek BTS Ulu Iptu Jemmy Amin Gumayel, Sabtu 13 Januari 2024, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan Linmas merupakan salah satu langkah strategis Polres Musi Rawas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Sembatu Jaya Musi Rawas Sudah 3 Hari Banjir, Bantuan Belum Juga Datang, Dimana Bupatinya

"Termuat di dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat Polri dapat dibantu oleh pengamanan swakarsa, termasuk Linmas sendiri, kemudian didalam Permendagri Nomor 84 tahun 2014,” jelasnya.

Linmas yang dibentuk oleh Pemerintah Desa memiliki tugas yang hampir sama dengan tugas dan tanggung jawab Polri yaitu dalam membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, membantu dalam penanggulangan bencana, termasuk membantu upaya pertahanan negara.

“Untuk itu Linmas kami berikan pelatihan dan pembekalan teknis untuk meningkatkan kemampuannya khususnya dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu nantinya" jelas Kapolres.

Ditambahkan Kapolsek BTS Ulu, bahwa pelatihan Linmas akan dilaksanakan secara bertahap.

BACA JUGA:Tertibkan Aset, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lelang BMN

"Kemarin kita sudah laksanakan di Desa Kota Baru Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas, ada 12 Linmas yang kita latih,” jelasnya.

Pelatihan, baik terkait baris berbaris, cara berkomunikasi, cara bertindak selama pemilihan di TPS.

“Apa-apa saja yang boleh dilakukan oleh Linmas dan apa yang tidak boleh, cara pengamanan orang, tempat dan barang, termasuk pengamanan logistik pemilu dari TPS hingga ke PPS" jelasnya.

Kapolres Musi Rawas mengharapkan bahwa semua unsur dapat bekerja dengan baik, profesional, sesuai aturan dan netral, guna menjamin keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: