Sistem Keselamatan Produk Daihatsu RI Ditegaskan Kemendag Telah Terbukti Aman

Sistem Keselamatan Produk Daihatsu RI Ditegaskan Kemendag Telah Terbukti Aman

Sistem keselamatan produk mobil Daihatsu di Indonesia aman, sebagaimana sudah dipastikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).--Instagram @daihatsuind

LINGGAUPOS.CO.ID – Sistem keselamatan produk mobil Daihatsu di Indonesia aman, sebagaimana sudah dipastikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Kamis, 4 Januari 2024.

Menurut informasi, ada dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu. 

Akibatnya, produsen otomotif ini menghentikan produksi sementara di empat pabrik yang ada di Jepang setelah mengakui sudah memalsukan hasil tes keselamatan berbagai model mobil selama kurang lebih 30 tahun.

BACA JUGA:Mobil Truk Ini Sebabkan Listrik di Lubuklinggau Padam 5 Jam, 10 Ribu Pelanggan Terdampak, PLN Kerja Ekstra

Moga Simatupang selaku Direktur Jenderal Perlindungan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag mengatakan pihaknya sudah bertemu dan meminta klarifikasi PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Hasil dari pertemuan ini, ADM menjelaskan bahwa mobil Daihatsu tipe hybrid rocky serta Toyota Raize tidak diproduksi lagi di Indonesia.

"Sedangkan produksi Daihatsu di Indonesia itu sudah memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor," kata Moga dalam konferensi pers, pada Kamis, 4 Januari 2024.

Sementara, secara terpisah, Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM Johan sudah memastikan semua kendaraan Daihatsu yang sudah diproduksi, didistribusi, serta dipasarkan di Indonesia tidak lagi memiliki masalah kualitas.

BACA JUGA:Catat 3 Hal yang Harus Dihindari Agar Mata Tetap Sehat, Mulai Sekarang Hindari Kebiasaan ini

Selain itu, ia juga mengatakan produk Daihatsu tidak memiliki masalah keselamatan dan memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Pengirim domestik juga sudah dilakukan mulai 22 Desember 2023 lalu. Kemudian, PT ADM juga sudah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 lalu ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor.

"Produk-produk Daihatsu di Indonesia telah memenuhi syarat teknis keselamatan dan keamanan sesuai dengan standar ketentuan di Indonesia. Selain itu, produk yang diisukan tersebut dapat dipastikan tidak diperdagangkan di Indonesia,"lanjutnya.

Ia juga mengatakan produk Daihatsu di Indonesia tidak terkait dengan yang terjadi di Jepang. Produk Daihatsu di Indonesia telah dilakukan pengujian oleh pihak terkait guna memastikan kendaraan sudah benar dalam keadaan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: