Pecinta Kopi Harus Paham, Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta, Begini Ternyata Bedanya

Pecinta Kopi Harus Paham, Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta, Begini Ternyata Bedanya

Pecinta Kopi Harus Paham, Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta, Begini Ternyata Bedanya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui perbedaan rasa antara kopi Arabika VS kopi Robusta, para penikmat kopi harus tahu, ternyata begini perbedaannya. Simak dalam ulasan berikut.

Kopi menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia, hal tersebut dikarenakan rasanya yang nikmat serta kopi juga memiliki banyak khasiat.

Kopi merupakan tanaman hasil pertanian yang dijadikan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi juga salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Adapun dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi Robusta dan Kopi Arabika.

BACA JUGA:Inilah 10 Produk Kopi Sachet yang Ada di Indomaret, Minum di Rumah, Sensasi Rasa Nongkrong di Starbucks

Adapun kopi Robusta dengan nama latin Coffea canephora atau Coffea robusta, yang merupakan keturunan beberapa spesies kopi.

Jenis kopi ini tumbuh baik di ketinggian antara 400-700 m dpl, temperatur 21-24 derajat celcius dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman, kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

Sementara itu, Kopi Arabika (coffea Arabica), juga dikenal sebagai Kopi Arab, kopi semak Arab, atau kopi Gunung, adalah spesies dari genus Coffea, spesies ini diyakini sebagai spesies kopi pertama yang dibudidayakan, dan merupakan kultivar dominan, mewakili sekitar 60% dari produksi global.

Lantas, tahukah kamu perbedaan rasa antara kopi Arabika dan Robusta, biasanya banyak orang berpendapat bahwa “Arabika itu lebih manis, Robusta itu pahit”. Ataupun ada yang mengatakan jika Kopi Arabika it lebih mahal daripada Robusta.

BACA JUGA:Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Sumatera Selatan, Bukan Pagaralam, Apalagi Muara Enim

Meskipun, kedua pernyataan diatas memang benar adanya. Tetapi tahukah kamu apa yang membuat kedua jenis kopi tersebut begitu berbeda.

Nah, berikut LINGGAUPOS.CO.ID akan mengulas lebih lanjut terkait perbedaan jenis kopi Arabika dan kopi Robusta, berikut ini.

Perbedaan Kopi Arabika VS Kopi Robusta

Kopi Arabika 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: