Kopi Luwak dan Kopi Biasa Mana yang Paling Nikmat, Serta Apa Perbedaannya

Kopi Luwak dan Kopi Biasa Mana yang Paling Nikmat, Serta Apa Perbedaannya

Kopi Luwak dan Kopi Biasa Mana yang Paling Nikmat, Serta Apa Perbedaannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Kopi sangat populer di Indonesia lantas tahukah kamu mana yang paling nikmat antara Kopi luwak dan Kopi biasa, simak perbedaan kedua Kopi tersebut.

Kopi menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia, hal tersebut dikarenakan rasanya yang nikmat serta kopi juga memiliki banyak khasiat.

Kopi merupakan tanaman hasil pertanian yang dijadikan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi juga salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Adapun dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi Robusta dan Kopi Arabika.

BACA JUGA:Libur Nasional dan Cuti Bersama Januari 2024, untuk yang Kurang Liburan Wajib Tahu

Adapun sebelum dapat diseduh sebagai kopi, harus melewati prose yang panjang terlebih dahulu, yaitu dari pemanenan biji tanaman kopi yang telah matang, baik dengan mesin maupun dengan tangan.

Selanjutnya dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Kemudian proses selanjutnya, yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi.

Setelah penyangraian, biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum dapat diminum.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara kopi luwak dan kopi biasa, langsung saja berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Kopi yang Bisa Bakar Lemak di Badan, Berikut Cara Membuatnya

Kopi Luwak dan Kopi Biasa

Biji Kopinya

Pada dasarnya biji kopi yang digunakan dalam Kopi Luwak sama dengan kopi-kopi jenis lainnya. Kopi luwak biasanya menggunakan biji kopi Robusta atau Arabika. Namun, yang membedakan biji kopi pada kopi luwak adalah pemilihan bijinya.

Adapun biji kopi jenis lainnya dipilih dan dipilih oleh manusia bukan mesin. Sementara biji kopi luwak dipilih sendiri oleh hewan Luwak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: