Ratusan Pengungsi Rohingya Mogok Makan 2x, Tuntut Tempat Lebih Layak, Warganet: Tidak Tahu Terima Kasih!

Ratusan Pengungsi Rohingya Mogok Makan 2x, Tuntut Tempat Lebih Layak, Warganet: Tidak Tahu Terima Kasih!

Viral ratusan para pengungsi Rohingya melakukan aksi mogok makan yang menggema di Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.--Instagram @folkshitt

ACEH, LINGGAUPOS.CO.ID - Viral ratusan para pengungsi Rohingya melakukan aksi mogok makan yang menggema di Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 25 Desember 2023.

Video viral yang memperlihatkan aksi mogok makan para pengungsi Rohingya ini berdurasi 1 menit 4 detik dan diunggah oleh akun TikTok @hotlisimanjuntak02 

Dengan keterangannya di basement Balee Meuseuraya Aceh (BMA), tempat penampungan sementara etnis Rohingya.

BACA JUGA:Niat Senangkan Anak-Anak, Pria Berkostum Santa Gagal Lakukan Aksi, Jatuh dari Lantai 24

Menurut keterangan, raturan para pengungsi ini menolak makan 2x, pada Jum'at 22 Desember 2023 saat pemberian makan siang dan makan malam, sebagai bentuk protes dan menuntut tempat penampungan yang lebih layak.

Diketahui, mereka ini awalnya menolak, namun akhirnya para pengungsi ini memakan juga jatah konsumsi yang dibagikan oleh petugas PMI setelah perundingan.

Atas aksi mogok makan tersebut menjadi sororaj dan memunculkan keprihatinan terhadap kondisi pengungsi Rohingya di Aceh.

Menurut informasi, pembagian konsumsi untuk para pengungsi Rohingya di Balee Meuseuraya Aceh ini dilakukan oleh Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) lewat relawan PMI Banda Aceh.

BACA JUGA:Sambut Hari Natal 2023, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Berikan Remisi Khusus

Kejadian ini pun dikonfirmasi oleh Kasar Intelkam Polresta Banda, Aceh, Kompol Suryo Sumantri Darmoyo.

Ia mengatakan aksi mogok makan yang dilakukan para pengungsi Rohingya ini disebabkan karena mereka mentut penyediaan dan penyajian makanan ini seperti di Camp Cox's Bazar.

Menurut informasi camp tersebut merupakan tempat pengungsian di Bangladesh yang menjadi tempat penampungan etnis Rohingya.

Walaupun demikian, banyak juga dari mereka yang melarikan diri dari penampungan tersebut dengan alasan yang tidak jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: