Debat Perdana Cawapres Pilpres 2024: Apa Janji Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD?

Debat Perdana Cawapres Pilpres 2024: Apa Janji Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD?

Ketiga cawapres beradu gagasan mengenai tema debat yakni ekonomi, kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur dan perkotaan.--instagram @folkative

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Telah berlangsung semalam debat perdana Cawapres Pilpres 2024.

Ketiga cawapres beradu gagasan mengenai tema debat yakni ekonomi, kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur dan perkotaan.

Debat ini digelar di Jakarta, pada Jumat 22 Desember 2023 pukul 19.00 WIB.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Sabtu, 23 Desember 2023.

BACA JUGA:Viral, Ini Arti 'Slepet' yang Digaungkan Cak Imin Saat Debat Kedua Cawapres Pilpres 2024

Pada debat Cawapres Pilpres 2024, Proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi perdebatan yang panas antara Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD

Gibran menyebutkan anggaran IKN tidak sepenuhnya ditanggung oleh APBN, selanjutnya Mahfud mendebat IKN belum ada investor, dan sementara Muhaimin Iskandar menyebut akan membangun 40 kota baru.

Muhaimin Iskandar, cawapres pasangan calon nomor urut 1, tampak kerepotan untuk menjawab pertanyaan dari pesaingnya, Gibran Rakabuming Raka mengenai State of the Global Islamic Economy (SGIE).

Hempri Suyatna selaku pengamat ekonomi kerakyatan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), menilai jawaban dari para cawapres tentang persoalan ekonomi kerakyatan dan digitalisasi “tidak terlalu tajam” dan “belum fokus pada inti persoalan yang dihadapi masyarakat”.

BACA JUGA:Inilah Kesiapan dari 3 Cawapres Jelang Debat Perdana Pilpres 2024 Nanti Malam

Selain itu, ia juga menilai kurang membeberkan langkah konkret yang akan dilakukan.

Selanjutnya Dhenny Yuartha Junifta selaku peneliti Center of Food, Energy, and Sustainable Development dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) juga menilai ada sejumlah hal yang luput dalam debat cawapres kali ini.

"Beberapa cawapres saling berdebat terkait dengan bagaimana meningkatkan tax ratio, cuma di sisi lain, soal bagaimana langkah-langkah tax ratio itu dapat ditingkatkan, sepertinya luput dari perdebatan kali ini," ucapnya.

Lantas apa saja janji para cawapres mengenai isu ekonomi ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: