Belajar Toleransi yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Belajar Toleransi yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Belajar Toleransi yang Dicontohkan Rasulullah SAW--instagram: moderat.jakarta

LINGGAUPOS.CO.ID – Didunia ini ada banyak keberagaman yang menyebkan banyaknya perbedaan mulai dari suku, ras dan agama, namun Islam mengajarkan kita untuk belajar toleransi sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.  

Islam bukan agama kekerasan. Islam justru mengajarkan kepada pemeluknya agar dunia dijaga dari kerusakan dan kehancuran.

Perjuangan dan sifat-sifat agung yang ada pada diri Rasulullah SAW patut dicontoh. Pribadi yang tidak pernah tega melihat umatnya menderita. 

Sosok yang santun dan toleran atas berbagai perbedaan dan keragaman pada umat manusia.

BACA JUGA:Tanaman Hias Bunga Kancing ini Menghasilkan Bunga Berbentuk Kancing, ini 3 Cara Merawatnya

Dirangkum LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber mengenai tolerasi dalam Islam, berikut informasi dan penjelasan lengkapnya.

Islam mengajarkan umatnya bersikap toleran terhadap berbagai perbedaan. Rasulullah SAW bersabda, inni ursiltu bi hanafiyyat samhat. 

"Aku diutus dengan membawa ajaran yang lurus yang bercirikan kelapangan (toleransi)".

Lebih tegas lagi, Rasulullah SAW menyatakan, ahabb al-din ila Allah al-hanifiyyat al-samhah.

BACA JUGA:Pastikan Calon Ketua PWI Sumatera Selatan, Dwitri Kartini Serahkan Berkas Pencalonan

"Agama yang disukai Allah SWT adalah yang lurus, lagi lapang/toleran".

Toleransi mengarah kepada sikap terbuka dan mau mengakui adanya berbagai macam perbedaan, baik dari sisi suku bangsa, warna kulit, bahasa, adat istiadat, budaya, bahasa serta agama. Ini merupakan fitrah dan sunnatullah yang sudah menjadi ketetapan Allah Swt. 

Landasan dasar pemikiran ini adalah firman Allah swt dalam Qs Al-Hujurat ayat 13 yang artinya:

“Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah Swt ialah orang yang paling bertaqwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mendengar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: