2024, Amerika Larang Keratin dan Smoothing Rambut, Alasannya Bikin Kaget

2024, Amerika Larang Keratin dan Smoothing Rambut, Alasannya Bikin Kaget

2024, Amerika Larang Keratin dan Smoothing Rambut, Alasannya Bikin Kaget--

AMERIKA SERIKAT, LINGGAUPOS.CO.ID – Mulai 2024, Amerika Serikat melarang warganya melakukan perawatan keratin dan smoothing rambut.

Seperti diketahui bahwa banyak wanita yang melakukan terapi keratin dan smoothing rambut, untuk mendapatkan rambut yang lurus dan mudah diatur.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) berencana mengusulkan pelarangan produk pelurus rambut, khususnya yang berbahan kimia per 2024 nanti.

Demikian diambil dari sumber laman American Cancer Society dan unggahan akun TikTok @dr.audrey_natalia, yang dikutip pada Jumat, 8 Desember 2023.

BACA JUGA:Waspada! Kasus Covid-19 di Jakarta Naik 40 Persen, Berikut Pemicunya

FDA ini berencana mengusulkan pelarangan produk pelurus rambut tertentu, seperti obat pelemas rambut berbahan kimia dan produk pengepres rambut yang dikaitkan dengan risiko kesehatan.

Peraturan yang diusulkan badan tersebut akan melarang formaldehida dan bahan kimia lain yang melepaskan formaldehida dari produk pelurus dan penghalus rambut yang dipasarkan di Amerika Serikat, dengan target pelarangan adalah April 2024.

Dari badan tersebut merencanakan usulan peraturan yang secara khusus melarang produk pelurus rambut yang mengandung formaldehida atau bahan kimia pelepas formaldehida lainnya seperti metilen atau glikol.

Aturan tersebut sudah di usulkan dan dikeluarkan, namun FDA masih akan menerima bagaimana komentar publik terkait hal tersebut.

BACA JUGA:Durian Memiliki Aroma yang Menyengat, ini 5 Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Setelah meninjau komentar tersebut, badan ini akan memutuskan apakah tindakan lebih lanjut diperlukan.

“Berdasarkan komentar-komentar tersebut, kami mungkin memutuskan untuk mengakhiri proses pembuatan peraturan, mengeluarkan usulan peraturan baru, atau mengeluarkan final,” tulis FDA.

Jika kami memutuskan untuk mengeluarkan aturan final, kami mempublikasi aturan final tersebut di Daftar Federal,” tulis FDA di situs websitenya.

Dan para ilmuan juga sudah mengidentifikasi hubungan dari penggunaan produk kimia pelurus rambut dengan peningkatan risiko kanker terkait hormone tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: