Mengejutkan, TikTok Shop Kabarnya Akan Bergabung dengan Tokopedia: Demi Memulihkan TikTok Shop, Begini Informa

Mengejutkan, TikTok Shop Kabarnya Akan Bergabung dengan Tokopedia: Demi Memulihkan TikTok Shop, Begini Informa

Mengejutkan, TikTok Shop Kabarnya Akan Bergabung dengan Tokopedia: Demi Memulihkan TikTok Shop, Begini Informa--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Beredar kabar yang mengatakan jika TikTok Shop akan bergabung dengan Tokopedia, demi memulihkan TikTok Shop yang telah di blokir di Indonesia.

Beredar kabar jika TikTok shop akan bergabung dengan Tokopedia, guna melanjutkan usaha jualan online di Indonesia, yang sebelumnya telah dilakukan oleh TikTok shop.

Sebelumnya, pada 4 Oktober 2023, TikTok shop resmi di tutup di Indonesia setelah berlakunya regulasi larangan fitur e-commerce dan media sosial dalam satu aplikasi oleh pemerintah.

Hingga kini dikabarkan TikTok Shop akan dibuka kembali dan sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo, Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan.

BACA JUGA:5 Menu Makanan Populer Diikuti Daerah Asal, Berikut Cara Membuatnya

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menilai jika tidak ada masalah apabila kedua perusahaan itu memang akan merger (penggabungan dua perusahaan).

Menurut Zulkifli Hasan, selama TikTok mematuhi Permendag Nomor 31 Tahun 2023 Tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem ELektronik, mereka berhak mengadakan bisnis e-commerce Indonesia. 

Namun sampai saat itu, Kementerian Perdagangan menyebut jika TikTok Shop belum mengurus izin penggabungan kedua perusahaan.

Seperti mengutip pada Bloomberg, yang menghimpun informasi bahwa, induk usaha TikTok, yakni ByteDance disebut akan berinvestasi pada Tokopedia dan GoTo, dan masih melangsungkan diskusi hingga saat ini.

BACA JUGA:6 Tanaman Hias Tempat Berkembang Biak Nyamuk, Jangan Ditanam saat Musim Hujan Seperti Sekarang, Awas DBD!

Langkah ini merupakan salah satu strategi ByteDance untuk memulihkan layanan toko online (e-commerce) mereka, yaitu TikTok Shop yang telah diblokir di Indonesia.

Sehingga agar bisa berjualan kembali di Tanah Air, ByteDance kabarnya akan fokus untuk investasi di bidang e-commerce GoTo Group, yaitu Tokopedia.

Bahkan, menurut informasi tersebut, investasi terhadap Tokopedia oleh ByteDance ini akan difinalisasi dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, diketahui juga jika invests itu sendiri bukan berupa penguncuran dana seperti investasi pada umumnya, melainkan akan berupa kerja sama (Joint venture) antara kedua perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: