8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak, Lakukan ini Agar Tidak Menyesal di kemudian Hari!

8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak, Lakukan ini Agar Tidak Menyesal di kemudian Hari!

8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak, Lakukan ini Agar Tidak Menyesal di kemudian Hari!--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Di era kemanjuan teknologi seperti sekarang ini tentunya kita tidak bisa terlepas dari penggunaan gadget termasuk anak-anak, tetapi jangan sampai kecanduan, di sisi lain penggunaan gadget dapat berdampak positif dan juga sebaliknya akan negatif jika kecanduan.

Mengatasi kecanduan gadget pada anak tentunya menjadi pekerjaan rumah yang penting bagi orang tua, hal ini tentunya memerlukan pendekatan yang hati-hati dan konsisten.

Jika anak kalian mengalami kecanduan gadget berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan guna membantu anak mengatasi kecanduan gadget:

8 Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

BACA JUGA:Tidak Hanya Produk Israel, Aplikasi Grab Ikut Diboikot, Ini Alasannya

1. Buat Waktu Penggunaan Gadget

Bagi orang tua tetapkan aturan mengenai waktu kapan anak menggunakan gadget, tentukan Batasan waktu harian atau mingguan dan pastikan anak memahami dan setuju dengan aturan yang kalian sepakati.

2. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku apa yang mereka lihat jadi sangat penting untuk mencontohkan hal yang baik untuk anak dalam segi apapun termasuk penggunaan gadget, jadi jika kalian memberikan contoh yang baik dan benar, maka anak akan mencontohnya.

BACA JUGA:Kasus Hilangnya Nyawa Siswa SMP di Bekasi Usai Main Kuda Tomprok di Sekolah

3. Buat Aktivitas Keluarga Tanpa Gadget

Sediakan waktu untuk aktivitas keluarga tanpa gadget, hal ini bisa kalian lakukan dengan cara bertamasya, makan malam bersama atau sekedar jalan-jalan santai di taman dekat rumah.

4. Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Batasi penggunaan gadget pada anak sebelum tidur kegiatan ini bertujuan membatu relaksasi sebelum tidur, ganti dengan kegiatan membaca buku untuk membantu meningkatkan kualitas tidur anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: