Hari Anak Sedunia, ini 7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Hari Anak Sedunia, ini 7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Hari Anak Sedunia, ini 7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Hari ini 20 november 2023 merupakan hari anak sedunia, mengingatkan bahwa pentingnya hak-hak anak, kendati demikian sebagai orang tua meski mengedukasi dan mengawasi anak apalagi di era yang serba digital seperti sekarang.

Penggunaan gadget dan memanfaatkan kemajuan teknologi bisa menjadi hal positif jika dilakukan dengan bijak dan sebaliknya akan membuat anak kecanduan dan berdampak buruk, layaknya pisau bermata dua.

Berikut ini beberapa dampak buruk kecanduan gadget pada anak yang orang tua harus ketahui:

7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak

BACA JUGA:Selamat Hari Anak Sedunia, ini 10 Tips Mengelola Waktu dan Mendidik Anak di Era Digital

Kecanduang gadget pada anak dapat memiliki dampak buruk pada berbagai aspek perkembangan mereka, LINGGAUPOS.CO.ID merangkum dari berbagai sumber berikut ini dampak buruk yang terjadi.

1. Gangguan Kesehatan Fisik

Anak-anak yang kecanduan gadget akan mengalami Kesehatan fisik seperti mata karena terlalu lama menatap layar gadget, tak hanya itu gangguan tidur akibat penggunaan gadget sebelum tidur serta resiko obesitas karena kurangnya melakukan kegiatan fisik.

2. Gangguan Kesehatan Mental

BACA JUGA: Hari ini, 20 November Diperingati Sebagai Hari Anak Sedunia, Berikut Sejarahnya

Kecanduan gadget pada anak dapat menyebabkan gangguan Kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi serta kesulitan berinteraksi di dunia nyata dan sosial, anak-anak yang terlalu banyak terpaku pada gadget akan mengalami masalah kurangnya daya ingat dan konsentrasi.

3. Gangguan Pola Tidur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kecanduan gadget dapat membuat penggunaan gadget sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur anak-anak, karena cahaya biru yang dipancarkan layer gadget dapat menghambat produksi melanin yaitu hormon yang mengatur tidur.

4. Keterlambatan Keterampilan Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: