Hari ini 13 November 2023 Tepat 25 Tahun Tragedi Semanggi 1, Berikut Sejarahnya

Hari ini 13 November 2023 Tepat 25 Tahun Tragedi Semanggi 1, Berikut Sejarahnya

Hari ini 13 November 2023 Tepat 25 Tahun Tragedi Semanggi 1, Berikut Sejarahnya--instagram: sumarsihmaria

LINGGAUPOS.CO.ID – Tragedi Semanggi 1 adalah sebuah peristiwa tragis yang terjadi di Indonesia tepatnya pada 25 tahun yang lalu di tahun 1998, tragedy tersebut terjadi di daerah Semanggi, Jakarta berkaitan dengan aksi demonstrasi mahasiswa yang menuntut reformasi.

Mengutip dari berbagai sumber inilah Sejarah Tragedi Semanggi 1:

Sejarah Tragedi Semanggi 1

Pada tahun 1998 Indonesia mengalami krisis ekonomi dan ketidakpuasan terhadap pemerintah saat itu atau rezim orde baru yang berkuasa selama beberapa dekade di bawah pemerintahan Presiden Soeharto.

BACA JUGA:8 Produk Elektronik Israel di Pasaran Dunia

Mahasiswa mulai melakukan aksi protes besar-besaran dengan melakukan demonstrasi di Jakarta dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia, mereka menuntut reformasi politik dan ekonomi serta menginginkan Presiden Soeharto yang saat itu menjabat untuk mengundurkan diri.

Tepatnya pada tanggal 12-13 november 1998, masa aksi berkumpul di jembatan Semanggi Jakarta, kericuhan pecah antara mahasiswa dan aparat keamanan.

Pemerintah saat itu memerintahkan aparat keamanan untuk membubarkan massa aksi, sontak hal tersebut membuat bentrokan serius sehingga mengakibatkan sejumlah orang tewas termasuk mahasiswa dan aparat keamanan.

Tragedi semanggi 1 menimbulkan luka yang mendalam bagi banyak pihak korban jiwa dan jumlah nya masih belum diketahui secara pasti, beberapa sumber mengatakan bahwa korban jiwa sampai ratusan, sementara laporan lain menyebutkan kurang dari ratusan.

BACA JUGA:MUI Keluarkan Fatwa Larangan Membeli Produk Pro Israel, Ustadz Adi Hidayat Beri Respon Haram dan Ikuti Fatwah

Tragedi semanggi menjadi momen kritis dalam Sejarah Indonesia, sebagai aksi protes terhadap rezim orde baru, protes demi protes terus dilakukan warga dan mahasiswa, pada bulan mei tahun 1998 presiden Soeharto mengumumkan pengunduran diri dari jabatan presiden.

Tragedi semanggi 1 menjadi salah satu titik penting di dalam perjalanan reformasi politik di Indonesia, peristiwa ini membawa perubahan besar untuk politik Indonesia.

Imbas seperti reformasi politik membuka jalan bagi era reformasi, pasca tragedi ini mulailah munculnya kebebasan berbicara dan berkumpul serta pemilihan presiden secara langsung dua hal tersebut adalah hasil dari reformasi.

Nah itulah Sejarah singkat tentang Tragedi Semanggi 1 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: