Bantuan Kemanusiaan Indonesia Akhirnya Sampai ke Warga di Gaza Melalui Gerbang Rafah, Mesir

Bantuan Kemanusiaan Indonesia Akhirnya Sampai ke Warga di Gaza Melalui Gerbang Rafah, Mesir

Bantuan Kemanusiaan Indonesia Akhirnya Sampai ke Warga di Gaza Melalui Gerbang Rafah, Mesir--X: tanyarlfes

LINGGAUPOS.CO.IDBantuan kemanusiaan yang dikirim dari Indonesia untuk warga yang ada di Gaza, Palestina akhirnya telah berhasil masuk ke wilayah Gaza melalui gerbang Rafah, Mesir. 

Marwan yang merupakan Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC) mengatakan bahwa seluruh bantuan yang telah dikirimkan dengan 600 truk ini telah berhasil memasuki wilayah Gaza.

“Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah berjalan lancar,” terang Marwan pada 12 November 2023. 

Bantuan yang diberikan merupakan bentuk dukungan dari pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Humanitarian Forum Indonesia, serta Palang Merah Indonesia (PMI).

BACA JUGA:26 Produk Cokelat Israel Dijual di Indomaret dan Alfamart

Noor Achmad selaku Ketua Baznas RI mengatakan bantuan kemanusiaan ini dari Indonesia untuk warga Palestina langsung dan juga disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

“Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar dan tidak mengalami hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya juga dapat berjalan dengan lancar,” ucap Noor.

Bukan hanya itu, Noor mengatakan, dari pihaknya akan terus berkoordinasi bersama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, KBRI Kairo, dan ERC untuk meninjau pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut.

Serta ia juga memastikan bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia ini 100% tersalurkan kepada warga di Palestina.

BACA JUGA:Ini Dampak Aksi Boikot Produk Pro Israel, Karyawan Perusahaan Harus Siap-siap

“Kami berharap bantuan kemanusiaan yang telah memasuki Gaza ini dapat segera didistribusikan kepada masyarakat Palestina, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana,” sambungnya.

Diperkirakan seberat lebih dari 50 ton jumlah pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Gaza. 

Dan diketahui pengiriman ini dilakukan pada 4 November 2023 lalu. Menggunakan dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu Airbus A330 yang dikirim lewat dua rute berbeda. 

Pesawat Hercules menempuh rute penerbangan Jakarta-Aceh-Yangon (Myanmar)-New Delhi (India)-Abu Dhabi (Emirate Arab)-Jeddah (Arab Saudi)-El Arish (Mesir).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: