Cegah Identifikasi Dini Penularan TBC, Lapas Narkotika Muara Beliti Lakukan Skrining TBC pada WBP

Cegah Identifikasi Dini Penularan TBC, Lapas Narkotika Muara Beliti Lakukan Skrining TBC pada WBP

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti melakukan Active Case Finding (ACF) dengan Intervensi Chest X-ray pada 30 Oktober 2023 - 02 November 2023.-foto: humas lapas kelas IIA muara beliti.-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Guna menjaga dan mencegah identifikasi dini penularan Tuberkulosis (TBC) untuk Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kabupaten MUSI RAWAS melakukan Active Case Finding (ACF) dengan Intervensi Chest X-ray pada 30 Oktober 2023 - 02 November 2023.

Active Case Finding merupakan kegiatan yang bertujuan menemukan kasus TBC melalui serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan riwayat penyakit dan gejala, pemeriksaan dahak, pemeriksaan tuberculin, serta pemeriksaan rontgen dada dengan menggunakan Chest x-Ray.

Kegiatan ACF dengan intervensi Chest X-Ray yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti merupakan langkah yang baik dalam menjaga dan mencegah penularan TBC diantara warga binaan. 

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti berkolaborasi dengan pihak RSU Dr Sobirin Musi Rawas, tim dari Tirta Medical Center dan Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas. 

BACA JUGA:Masjid At-Taubah Lapas Narkotika Muara Beliti Diresmikan, Anggaran Renovasi Patungan Pegawai dan Donator

BACA JUGA:Touring Kumham Peduli Daerah Terpencil, Kalapas Muara Beliti Ketua Touring Kanwil Sumsel

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menjelaskan kegiatan skrining ini merupakan langkah awal sebagai Deteksi dini dari penularan penyakit TBC terhadap warga binaan pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti jika terdapat kasus maka tindakan cepat bisa dilakukan.

"Sebanyak 772 orang warga binaan permasyarakatan yang dilakukan dengan target 200 orang per hari,"katanya.

Kegiatan ini dimulai pada Senin pagi pukul 09:30 WIB dan ini akan membantu mengidentifikasi secara dini kasus TBC dan memberikan perawatan yang diperlukan.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: