Kualitas Udara di Lubuklinggau Tidak Sehat, Dinkes dan Disdik Sarankan Pakai Masker

Kualitas Udara di Lubuklinggau Tidak Sehat, Dinkes dan Disdik Sarankan Pakai Masker

Pengendara di Lubuklinggau mengenakan masker karena kabut asap--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.IDKualitas udara di LUBUKLINGGAU, sampai dengan Senin 2 Oktober 2023, sore masih dalam kondisi tidak sehat untuk kelompok sensitif.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari iqair.com, sampai dengan pukul 19.00 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) Kota Lubuklinggau masih pada angka 103.

Berkaitan dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau Erwin Armeidi mengimbau masyarakat untuk menghindari atau mengurangi aktivitas di luar.

Selain itu, kalaupun harus keluar dari rumah, makanya harus menggunakan masker

BACA JUGA:Polusi Udara di Palembang Berbahaya, ini Kualitas Udara Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara, 2 Oktober 2023

"Kalau memang perlu keluar, pakai masker," kata Erwin, Senin 2 Oktober 2023.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dan dengan mengkonsumsi makanan sehat, vitamin yang cukup dan berolahraga. 

Selain itu, Erwin juga dalam waktu dekat akan membuat surat edaran untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. 

"Nanti kita lihat perkembangannya. Mungkin kami akan buat edaran menggunakan masker. Karena dari Provinsi juga sudah mendistribusikan masker. Kita akan imbauan untuk masker lagi sepertinya," tambah Erwin.

BACA JUGA:Kualitas Udara Palembang Terburuk di Indonesia, Gubenur Sumatera Selatan Salat Istisqa Meminta Hujan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau, Firdaus Abky mengaku sejauh ini kabut asap belum terlalu menganggu proses belajar mengajar.

"Untuk saat ini ya. Kta tidak tahu besok dan seterusnya, seperti apa kondisinya,” jelasnya. 

“Namun untuk saat ini tidak belum menganggu proses belajar disekolah. Sehingga kita juga belum ada wacana untuk pengurangan jam belajar atau kembali ke sistem pembelajaran daring," ungkap Firdaus Abky.

Pihaknya sama seperti Dinkes, sejauh ini sebatas memberikan imbauan ke pihak sekolah agar tetap jaga kebersihan lingkungan sekolah, anak-anak diimbau untuk jaga kesehatan dan jika diperlukan gunakan masker saat diluar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: