Cegah dan Atasi Diabetes Melitus, ini Kata dr Muhammad Dodi Eka Saputra dari Puskesmas Swasti Saba

Cegah dan Atasi Diabetes Melitus, ini Kata dr Muhammad Dodi Eka Saputra dari Puskesmas Swasti Saba

dr Muhammad Dodi Eka Saputra selaku dokter intensif di Puskesmas Swasti Swaba--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat menyerang semua golongan usia, termasuk anak muda. 

Berkaitan dengan hal ini Puskesmas Swasti Saba Lubuklinggau mengimbau warga menerapkan pola hidup sehat.

“Sekarang ini banyak yang mengalami keluhan penyakit kencing manis atau sering disebut diabetes meletus,” jelas dr Muhammad Dodi Eka Saputra selaku dokter intensif di Puskesmas Swasti Swaba, Kamis 31 Agustus 2023.

dr Muhammad Dodi Eka Saputra  menambahkan bahwa diabetes melitus, sering terjadi karena gula darah yang terlalu tinggi yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

BACA JUGA:Pancaroba, Puskesmas Swasti Saba Lubuklinggau Himbau Warga Terapkan CERDIK

Diabetes melitus bisa juga disebabkan oleh faktor genetik. “Maksudnya salah satu anggota keluarga terkena atau terjangkit penyakit tersebut,” jelasnya.

Gejala penyakit Diabetes Meletus atau kencing manis adalah orang tersebut sering merasa kehausan, tidak seperti hari biasanya dan juga sering lapar tiba-tiba.

Dan sering berkemih (sering kencing), itulah gejala diabetes melitus atau kencing manis yang dirasakan masyarakat pada umumnya.                                                                                                                   

“Hindari, makanan yang berlebih kadar gulanya seperti makanan kalengan yang manis-manis seperti kopi sachet. Dan makanan yang manis berlebihan pada tubuh kita sehingga overload, sehingga terjangkitnya penyakit diabetes melitus,” katanya.

BACA JUGA:Hindari Rabies, Warga Lubuklinggau Jika Digigit Anjing, Kucing atau Monyet Bisa Vaksin ke Puskesmas

dr Muhammad Dodi Eka Saputra  juga menambahkan “Cara mencegah penyakit kencing manis, yakni dengan pola hidup sehat dengan cara mengurangi makanan manis seperti kue yang terlalu manis,” tambahnya.

“Untuk pengobatan penyakit kencing manis ini jangka panjang. Jadi kita hanya bisa mengontrol gula dara tersebut dengan minum obat secara rutin apabila terdiagnosa diabetes mellitus kita harus melakukan pola hidup sehat agar gula darahnya terkontrol. Kareba penyakit ini tidak bisa sembuh total,” jelasnya. 

Apakah penyakit kencing manis basah seperti kaki sudah membusuk, bisa disembuhkan dengan terapi ulat belatung?

BACA JUGA:Mohon Doanya, Balita dari Puskesmas Megang Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: puskesmas