Akibat Puntung Rokok, Sudah 3 Kali Terjadi Kebakaran Lahan di Lubuklinggau

Akibat Puntung Rokok, Sudah 3 Kali Terjadi Kebakaran Lahan di Lubuklinggau

Petugas memadamkan api kebakaran lahan di Lubuklinggau, yang diduga akibat puntung rokok--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Diduga akibat sembarangan membuang puntung rokok, selama Agustus 2023 ini, sudah 3 kali terjadi kebakaran lahan di LUBUKLINGGAU.

Mudahnya terjadi kebakaran lahan ini, karena saat ini Lubuklinggau sudah memasuki musim kemarau.

Adapun 3 titik yang telah terjadi kebakaran lahan, yakni di Kelurahan Sumber Agung danPetanang Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Kelurahan Taba Lestari Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Informasi ini seperti disampaikan Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau Suryo Amrinata, Senin, 21 Agustus 2023.

BACA JUGA:Pembangunan Tol Muara Enim-Lubuklinggau, Lintasi 2 Kecamatan, Soal Ganti Rugi Lahan, Berikut Informasinya

"Musim kemarau inu potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat besar. Bulan Agustus ini ada tiga kebakaran lahan yakni di Sumber Agung, Petanang dan Taba Lestari," ujarnya.

Kata Suryo, tiga titik kebakaran tersebut masing-masing menghanguskan sekitar setengah hektar lahan.

"Penyebab dari api yang tidak diduga, kemungkinan dari puntung rokok. Dari pembakaran yang sengaja, sepertinya tidak," ungkapnya.

Lahan yang terbakar sambung Suryo merupakan lahan kosong dan semak belukar.

"Kita seluruh pos terus memantau seluruh wilayah di Lubuklinggau. Bila ada laporan dari masyarakat ada kebakaran lahan, segera diantisipasi. Kami standby 24 jam," terangnya.

BACA JUGA:Heboh di TikTok, Percakapan Dirut PT Taspen dan Rina Lauwy, ini Sumber Permasalahannya

Sementara itu untuk kendala penanganan oleh pihaknya sejauh ini tidak ada. Dan dalam penanganan kebakaran lahan sambungnya lagi, pihaknya dilengkapi mesin air portabel yang dapat diangkut secara manual.

"Kita juga punya alar pemukul api," pungkasnya.*

Meski begitu, pihaknya juga mengharapkan bantuan masyarakat untuk ikut melakukan pencegahan. Sebab tambah Roy, lahan di Lubuklinggau cukup luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: