Alhamdulillah, WHO Resmi Akhiri Status Darurat Covid-19, Selamat Tinggal Pandemi

Alhamdulillah, WHO Resmi Akhiri Status Darurat Covid-19, Selamat Tinggal Pandemi

Ilustrasi Vaksin Covid-19--

 

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Alhamdulillah, selamat tinggal pandemi Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mengakhiri Covid-19 sebagai kondisi darurat kesehatan global.

 

Sebelumnya, saat status tersebut belum dicabut, seluruh negara mengerahkan semua kekuatan nasional untuk menangani Pandemi Covid-19.

 

Status darurat Covid-19 yang sempat menghantui insan selama beberapa tahun terakhir akhirnya resmi dicabut.

 

Kok bisa ? Hal itu resmi usai keputusan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencabut status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk Covid-19 pada Jumat 5 Mei 2023.

BACA JUGA:Info Terbaru Terkait Kedatangan Ida Dayak di Lubuklinggau, Wali Kota ke Jakarta

BACA JUGA:Viral! Uang Baru Nominal Rp1 Juta, Cek Faktanya di Sini

 

WHO bahkan memperbolehkan warga dunia untuk kembali hidup normal dan aktivitas seperti biasa. Seperti sebelum adanya pandemi covid-19.

 

Namun, warga tetap harus terapkan protokol kesehatan selama masa transisi. Upaya vaksinasi juga harus tetap jalan. Terutama untuk meningkatkan perlindungan kelompok masyarakat yang paling berisiko.

 

Adanya keputusan ini juga mendapat sambutan positif dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Persiapan juga dilakukan untuk melanjutkan keputusan WHO tersebut.

 

Terima Kasih Nakes

BACA JUGA:Catat Ya, ini Jadwal Pelantikan Kades di Musi Rawas Senin 8 Mei 2023

BACA JUGA:Wanita Cantik yang Disebut Keponakan Ida Dayak Bernama Anastasya Linalolica, Mengaku Sakti

 

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, menyambut itu pihaknya bersiap melakukan transisi dari pandemi ke endemi dengan berkonsultasi dengan WHO.

 

“Kemenkes siap bertransisi dari pandemi ke endemi dengan lewat konsultasi bersama WHO,” kata Syahril melalui keterangan resminya, Sabtu 6 Mei 2023.

 

Selain itu, Kemenkes juga berterimakasih dengan seluruh tenaga kesehatan yang sudah berjuang memerangi Covid-19 saat ini.

 

“Kami mengucapkan terima kasih untuk seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang telah berjuang bersama sehingga penularan Covid-19 Indonesia dapat terkendali,” kata Syahril.

BACA JUGA:Geger! Diduga Gara-gara THR, Sekuriti Tusuk Sekuriti

BACA JUGA:Buruan, Warga Palembang, Bengkulu dan Makassar Hendak Temui Ida Dayak di Lubuklinggau

 

Dia mengajak warga untuk bersatu agar kondisi semakin membaik. “Saat ini kita harus bersama-sama menuju pengakhiran kondisi kedaruratan,” tegas Syahril.

 

Syahril menegaskan, saat ini Kemenkes sudah melakukan konsultasi bersama WHO Jenewa Swiss. Kemenkes bersama-sama dengan Dirjen WHO bersiao untuk  transisi pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: