Arab Saudi Idul Fitri Bareng Muhammadiyah, Cek Faktanya

Arab Saudi Idul Fitri Bareng Muhammadiyah, Cek Faktanya

BMKG dan BRIN memprediksi hilal tidak muncul pada 18 Juni 2023 -Instagram nu online-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, antara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan Pemerintah Arab Saudi diinformasikan sama atau bareng.

Benarkah informasi tersebut? Untuk mengetahui kebenarannya, baca berita ini sampai tuntas ya, biar tidak salah paham.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, pada 6 Februari 2023, menjelaskan Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.

Dalam Konferensi Pers di kantor PP Muhammadiyah Jl. Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta, Muhammad Sayuti menjelaskan, awal Syawal atau Idul Fitri yang ditetapkan Muhammadiyah dengan pemerintah kemungkinan berbeda.

BACA JUGA:Idul Fitri, Muhammadiyah Akan Laksanakan Salat Id di Lapangan Kurma Lubuklinggau

Karena Muhammadiyah memakai hisab hakiki wujudl hilal, sementara pemerintah berpedoman pada kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

“Potensi perbedaan ada pada awal Syawal dan Zulhijah hal ini karena menurut kriteria MABIMS bulan bisa dilihat pada tinggi bulan sekurang-kurangnya 3 derajat dan elongasinya 6,4 derajat,” jelasnya dikutip dari muhammadiyah.or.id.

Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 di Arab Saudi?

Dalam hitungan Arab Union for Astronomy and Space Sciences (AUASS), Hari Raya Idul Fitri di Arab Saudi akan jatuh pada 21 April 2023.

Hitungan itu didasarkan dari awal Ramadan yang dimulai pada 23 Maret 2023. Sedang Ramadan 2023 akan berakhir pada 20 April 2023, karena puasa tahun ini hanya 29 hari.

BACA JUGA:Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di 16 Negara, di Fiji Paling Unik

"Ramadan dimulai 23 Maret 2023 dan berlangsung selama 29 hari," kata Kepala Dewan Direksi Emirates Astronomy Society AUASS Ibrahim Al Jarwan seperti dilaporkan Gulf News.

Karena itu, lanjut Ibrahim , hilal bulan baru nanti akan terlihat pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 21.23 waktu Arab Saudi.

Ini berarti Arab Saudi dan Muhammadiyah memiliki perhitungan sama dalam menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: