Dengan Mobile JKN, Ubah Lokasi Faskes Tak Sampai Semenit

Dengan Mobile JKN, Ubah Lokasi Faskes Tak Sampai Semenit

BPJS Kesehatan telah menghadirkan Aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses masyarakat melalui smartphone.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - BPJS Kesehatan telah menghadirkan Aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses masyarakat melalui smartphone.

Beragam fitur-fitur yang dihadirkan pada Aplikasi Mobile JKN demi memudahkan peserta JKN memperoleh informasi data peserta, informasi tagihan, mengubah data peserta, maupun hingga mendaftar antrean online di fasilitas kesehatan.

Ratna Dwi Kartika Desli Ismayanti (40) merupakan salah satu peserta JKN yang sudah pernah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN.

Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) ini pun dengan senang hati membagikan pengalamannya menggunakan aplikasi tersebut.

“Jarak antara rumah ke kantor BPJS Kesehatan sekitar 17,1 kilometer, bisa memakan waktu sekitar setengah jam di perjalanan kalau cuma buat mengurus pergantian fasilitas kesehatan. Untunglah ada Aplikasi Mobile JKN. Registrasi Aplikasi Mobile JKN mudah, fitur-fiturnya pun banyak. Dari Aplikasi Mobile JKN ini saya dapat melakukan perubahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan sangat praktis, bahkan tidak sampai satu menit,” tutur Ratna, Selasa (14/02).

Ratna mengaku telah lama mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Ia mengetahui aplikasi tersebut saat ada petugas Mobile Customer Service (MCS) yang mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau tempatnya bekerja sehari-hari.

“Kebetulan kepesertaan anak-anak saya ikut suami, kita sama-sama kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Aplikasi Mobile JKN pun sudah terpasang di handphone suami saya. Dengan keterbatasan waktu yang saya miliki sebagai pekerja, Aplikasi Mobile JKN banyak memberikan manfaat dan kemudahan untuk mengakses informasi maupun akses pelayanan kesehatan tanpa harus berpindah tempat. Aplikasi Mobile JKN praktis dapat digunakan di mana dan kapan saja, sangat efisien dan efektif waktu,” tutur Ratna.

Selain memanfaatkan fitur perubahan data peserta, Ratna juga mengaku rutin ikut melakukan skrining riwayat kesehatan di Aplikasi Mobile JKN. Skrining ini ia lakukan untuk mendeteksi dini risiko penyakit yang ada pada diri sendiri. Dengan fitur skrining riwayat kesehatan tersebut, peserta JKN seperti mengetahui potensi risiko terhadap empat penyakit kronis yaitu diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronis dan jantung koroner.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: