Fenomena Aneh Bulan Berdampingan dengan Bintang di Langit Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara

Fenomena Aneh Bulan Berdampingan dengan Bintang di Langit Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara

Fenomena bulan dan bintang berdekatan yang diabadikan di Lubuklinggau-Edi Sucipto-LINGGAUPOS.CO.ID

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Warga Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara, Jumat 24 Maret 2023 malam, dihebohkan dengan fenomena aneh di langit.

Yakni fenomena bulan sawit tampak berdampingan dengan bintang. Keduanya tampak bersinar terang di langit yang gelap.

Tak pelak fenomena ini membikin warga heboh. Apalagi didapatkan informasi bahwa kejadian ini, juga terlihat di daera-daerah lain.

Seperti di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, kemudian di Medan Sumatera Utara, juga di Muara Enim, Kendari Sulawesi Tenggara dan di Pulau Jawa.

BACA JUGA:Apakah Rasa Cinta Bisa Diteliti dengan Sains?

Ternyata fenomena ini adalah fenomena astronomi yang disebut konjungsi bulan bintang.

Dikutip dari Belitung Ekspres, dijelaskan bahwa fenomena bulan dan bintang terlihat berdampingan, itu mungkin merujuk pada peristiwa konjungsi bulan-bintang.

Peristiwa konjungsi bulan-bintang terjadi ketika bulan dan satu atau beberapa bintang terlihat berdekatan dari perspektif pengamat di bumi.

Padahal, sebenarnya posisi bulan dan bintang tersebut berada pada posisi yang berbeda jarak. Bahkan jaraknya sangat jauh. Hanya saja terlihat dari bumi berdekatan.

BACA JUGA:Waspada! 5 Hewan Ini Miliki Sengatan Paling Menyakitkan di Dunia

Dijelaskan, bahwa konjungsi bulan-bintang memang peristiwa yang menarik untuk diamati, terutama jika kita suka melihat langit di malam hari.

Kondisi ini bisa terjadi ketika bulan dan bintang-bintang berada dalam konstelasi yang sama di langit, atau ketika bulan melintasi dekat dengan posisi bintang-bintang tertentu.

Kemudian, konjungsi bulan-bintang bisa terjadi dalam jangka waktu yang berbeda-beda, tergantung pada posisi bulan dan bintang-bintang di langit.

Akan tetapi, konjungsi bulan-bintang tidak selalu terlihat spektakuler, tergantung pada jarak dan posisi relatif antara bulan dan bintang-bintang pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: