7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Gak Ada Lawan!

7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Gak Ada Lawan!

Kelor merupakan tanaman multiguna karena hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Pernah mendengar daun kelor, guys? Ya, daun yang memiliki rasa sedikit pahit ini ternyata bisa mencegah diabetes hingga kanker, lho.

Para ahli membuktikan bahwa daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting.

Tanaman kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah tropis, termasuk Indonesia. Mungkin tak banyak yang tahu kalau ternyata daun kelor ampuh mengobati berbagai macam penyakit mengerikan.

Daun kelor mungkin kurang dikenal sebagai bahan makanan, tetapi tumbuhan ini sungguh memiliki nilai gizi dan manfaat kesehatan

BACA JUGA:Jadwal Piala AFC U20 2023: Timnas Indonesia U20 vs Timnas Irak U20, Tayang Dimana?

Mengutip buku "Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan" (2022) oleh Tresno Saras, tanaman kelor memiliki nama latin Moringa oleifera dan disebut juga sebagai pohon ajaib. 

Kelor merupakan tanaman multiguna karena hampir seluruh bagiannya (akar, daun, polong, dan kulit batang) dapat dimanfaatkan. Nilai gizi tanaman ini terbilang cukup baik dan mampu menjadi solusi atas masalah kurang gizi untuk masyarakat dengan perekonomian rendah. 

Mengutip Healthline, 21 gram daun kelor mengandung fakta nutrisi sebagai berikut: 

  • Proterin: 2 gram 
  • Vitamin B6: 19 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) 
  • Vitamain C: 12 persen dari AKG 
  • Zat besi: 11 persen dari AKG 
  • Riboflavin (B2): 11 persen dari AKG 
  • Vitamin A (dri beta-karoten): 9 persen dari AKG 
  • Magnesium: 8 persen dari AKG

Daun kelor memiliki yang daun kecil berbentuk lonjong ini mengandung vitamin B, vitamin A, protein, zat besi, magnesium, dan sebagainya. Karena kandungan nutrisi yang tinggi dan lengkap, daun kelor sampai dijuluki superfood atau makanan super.

BACA JUGA:Liga 1: Prediksi RANS Nusantara vs Persebaya Surabaya, Keluar dari Situasi Buruk

Memangnya apa saja manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh? Dirangkum oleh HerStory, Senin 27 Februari 2023, berikut sederet manfaat daun kelor yang gak boleh kamu lewatkan, Beauty.

1. Melawan Radikal Bebas

Daun kelor kaya antioksidan kuat seperti kaempferol, asam caffeoylquinic, zeatin, quercetin, asam klorogenat, dan beta-sitosterol. Mengolah daun kelor sebenarnya akan meningkatkan aktivitas antioksidan ini dan meningkatkan kandungan zat besi di dalamnya.

Antioksidan yang ditemukan pada daun kelor terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Antioksidan pada daun kelor memiliki kemampuan menangkal radikal bebas yang bisa menjadi sumber banyak penyakit kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: