Bersin-bersin Padahal Tidak Sedang Flu? Jangan-jangan Kamu Mengidap Penyakit Ini, Kenali Penyebabnya Yuk!

Bersin-bersin Padahal Tidak Sedang Flu? Jangan-jangan Kamu Mengidap Penyakit Ini, Kenali Penyebabnya Yuk!

Bersin.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Hidung yang terasa gatal sering menjadi tanda datangnya bersin. Rasa gatal ini sulit ditahan, karena keluarnya bersin memang sulit untuk dikontrol.

Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami bersin lebih dari satu kali, padahal tubuh sedang tidak terserang flu.

Nah, hal yang perlu kamu ketahui bahwa munculnya bersin memang tidak selalu disebabkan oleh penyakit flu, ada banyak faktor penyebab lain yang jadi pemicunya.

Tapi apakah kamu sering mengalami bersin padahal tidak flu? Bersin memang sering dikaitkan dengan gejala penyakit flu. Tapi ada kalanya kita bersin meskipun tidak terseran virus influenza.

 

Bersin sendiri merupakan bentuk sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung dan saluran pernapasan. Sebenarnya tidak hanya virus influenza yang bisa menyebabkan bersin, tapi ada kondisi lain.

Salah satu respon tubuh untuk mengatasi iritasi dari hidung atau tenggorokan adalah dengan bersin. Bersin dapat juga diartikan sebagai pengusiran bakteri ke udara secara kuat. 

Bersin sering diremehkan karena tidak menimbulkan gangguan yang serius.

Namun, jika Anda sering bersin bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, sepertinya Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa membuat seseorang bersin meski tidak sedang flu, seperti dilansir dari laman Hello Sehat.

1. Reaksi alergi

Alergi bulu binatang, makanan, debu, tungau dan lainnya dapat menyebabkan sering bersin. Kondisi ini disebut rhinitis alergi.

Hal ini terjadi saat imun tubuh bereaksi pada zat tertentu yang dikira sebagai ancaman untuk tubuh namun sebenarnya tidak berbahaya.

Sumber: