Mengapa Dalam Satu Minggu ada Tujuh Hari Ya..? Simak yuk Jawabannya!

Mengapa Dalam Satu Minggu ada Tujuh Hari Ya..? Simak yuk Jawabannya!

Waktu.-Instagram.com-

BACA JUGA:Soal Ilegal Drilling di Muba, Mura dan Muratara, Kapolda Sumsel Siap Lakukan Ini

Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari memberikan kita hitungan tahun. Namun, tidak ada penjelasan alami untuk sistem tujuh hari dalam seminggu.

Beberapa ahli percaya orang Babilonia kuno mungkin telah mengadopsi sistem waktu tujuh hari seminggu untuk memperkirakan siklus individu Bulan sepanjang bulan.

Siklus ini, ternyata tidak sempurna dan sejalan dengan sistem tujuh hari seminggu, karena harus membutuhkan satu atau dua hari ekstra untuk ditambahkan ke satu minggu setiap beberapa bulan.

Lalu, mengapa orang Babilonia kuno menetapkan tujuh hari dalam seminggu? Beberapa ahli meyakini, bahwa orang Babilonia kuno percaya angka tujuh memiliki makna mistis.

BACA JUGA:Cerita Ibu Bidan Korban Hoax Penculik Anak Sekolah, Tahu Fotonya Disebar dari Ayuk

Keyakinan ini mungkin berasal dari fokus mereka pada tujuh benda langit yang mereka ketahui saat itu: Matahari, Bulan, Mars, Merkurius, Jupiter, Venus, dan Saturnus.

Kecenderungan untuk melakukan ritual setiap tujuh hari mungkin telah melahirkan sistem tujuh hari dalam seminggu.

Kalender modern saat ini masih menganut sistem tujuh hari seminggu. Para peneliti percaya, adopsi formal sistem ini dilakukan oleh Kaisar Romawi Constantine pada tahun 321.

Banyak kalender dan budaya di seluruh dunia masih, meyakini bahwa hari Minggu sebagai hari pertama dalam seminggu.

BACA JUGA:Ini Fakta 9 Foto Pelaku Penculikan Anak yang Beredar di Lubuklinggau

Namun secara praktis, dengan lima hari kerja dalam seminggu dan akhir pekan dua hari, banyak orang secara informal menganggap Senin sebagai hari pertama dalam seminggu dan Minggu sebagai hari terakhir.*

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: