Supermoon Terjadi di Tanggal 21 Januari, Dampak Cukup Berbahaya

Supermoon Terjadi di Tanggal 21 Januari, Dampak Cukup Berbahaya

Fenomena Super New Moon atau yang biasa disebut dengan fase bulan baru, akan terjadi sebentar lagi. -twitter.com/themoonlovepic-

Kondisi ini diakibatkan oleh adanya fenomena Super New Moon (jarak terdekat bulan ke bumi) atau fase bulan baru. Fenomena ini memiliki potensi meningkatkan pasang air laut ke batas tertinggi, ini bisa berakibat banjir di berbagai wilayah.

Peningkatan signifikan pasang air laut tentu saja akan berdampak pada daerah pesisir Indonesia. Gelombang tinggi hingga 6 meter bisa saja terjadi di perairan Indonesia. 

Dilansir dari Antara News, Gelombang setinggi 4-6 meter berpotensi di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, Laut Maluku, dan perairan Yos Sudarso.

BACA JUGA:Bahaya! Akun Facebook Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe Diretas, Kalau Dihubungi Jangan Percaya

BACA JUGA:Passing Grade PPPK Guru 2022, Agar Lolos Seleksi, Cek di Sini

Gelombang setinggi 1-2 meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, seperti perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan utara Sabang, Teluk Lampung Bagian Selatan, Selat Sumba bagian selatan, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan NTT.

Pihak BMKG menghimbau kepada para masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama para nelayan, karena gelombang tinggi tersebut bisa membahayakan nyawa para nelayan yang sedang melaut.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: