Sembelit, Atasi Secara Cepat dan Alami. Begini Caranya!

Sembelit, Atasi Secara Cepat dan Alami. Begini Caranya!

Sembelit menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan seseorang.-twitter.com/postm0rt3m-

LINGGAUPOS.CO.ID - Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan seseorang.

Gangguan yang dimaksud yaitu suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan saat melakukan Buang Air Besar (BAB), antara lain dikarenakan oleh feses yang keras.

Umumnya, seseorang dikatakan mengalami sembelit apabila frekuensi BAB selama satu minggu hanya berlangsung tiga kali atau kurang.  

Menurut North American Society for Pediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition (NAPSGAN) 2006, menyebutkan konstipasi adalah kelambatan atau kesulitan dalam defekasi yang terjadi dalam 2 minggu atau lebih dan cukup membuat pasien menderita. 

BACA JUGA:Bahaya! Akun Facebook Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe Diretas, Kalau Dihubungi Jangan Percaya

Sembelit memiliki beberapa faktor penyebab diantaranya adalah faktor gaya hidup seperti kurang konsumsi serat, kurang cairan, dan kebiasaan tidak langsung buang air besar saat adanya keinginan untuk buang air.

Mengalami konstipasi dapat memberikan rasa sakit yang mengganggu rutinitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? 

Berikut ini berbagai cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami yang dapat kamu coba!

Cara Mengatasi Sembelit pada Orang Dewasa secara Cepat

Umumnya, konstipasi ini dapat diatasi dengan dengan perubahan diet dan gaya hidup. Berikut rincian cara mengatasi sembelit untuk orang dewasa:

BACA JUGA:Sembunyi Dekat Kantor Desa, Pencuri Motor di Muratara Nyaris Diamuk Massa

1. Mengubah Diet atau Pilihan Makanan

Cara mengatasi sembelit yang pertama adalah mengubah diet atau pola makanmu. Mengutip situs NHS, Untuk membuat tinja lebih mudah dikeluarkan, ada baiknya kamu memperbanyak cairan, seperti air putih dan jus. Namun, hindari alkohol untuk pengaruh yang lebih buruk.

Selain minuman, kamu juga harus memperhatikan porsi serat dalam makanan sehari-hari. Tingkatkanlah konsumsi serat dalam dietmu. Kamu bisa menambahkan oat dan biji rami ke dalam makanan sehari-harimu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: