Cara Upgrade Windows 11 Usai 8.1 Pensiun, Apa Ada Versi Gratis?

Cara Upgrade Windows 11 Usai 8.1 Pensiun, Apa Ada Versi Gratis?

Windows 11-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Microsoft, pada 10 Januari 2023 telah menghentikan pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk Windows 7 dan Windows 8.1. Hal ini pun menandai peluncuran Microsoft Edge 109 yang merupakan versi terakhir browser yang mendukung sistem operasi yang lama.

Dengan demikian, Microsoft tidak lagi memberikan bantuan teknis dan menyediakan pembaruan pada piranti lunak sistem operasi tersebut. Bagi pemilik perangkat desktop atau laptop yang saat ini masih memakai Windows 8.1 disarankan untuk melakukan pemutakhiran ke versi yang lebih baru dan masih didukung.

Hanya saja, proses pemutakhiran ini tidak selamanya akan berlangsung normal. Sebab, Windows lebih baru juga memiliki persyaratan spesifikasi minimal pada perangkat. Jika perangkat tidak mendukung persyaratan minimal tersebut, jalan satu-satunya harus mengganti perangkat yang disarankan telah mendukung Windows 11.

Dilansir dari The Verge, Microsoft Edge bukan satu-satunya aplikasi browser yang meninggalkan dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8.1. Sebab, pada Oktober lalu, Google telah lebih dulu mengumumkan jika pada 7 Februari 2023 mendatang, Chrome akan menghentikan dukungannya untuk Windows 7 dan Windows 8.1.

BACA JUGA:Gawat! 4 Minuman Ini Bisa Sebabkan Infeksi Jamur di Miss V, Apakah Termasuk Minuman Favoritmu?

Meski Microsoft Edge dan Google Chrome masih bisa digunakan pada perangkat bersistem operasi Windows 7 dan 8.1, namun kedua sistem operasi tersebut tidak akan menerima pembaruan keamanan dan fitur penting terbaru.

Selain itu, dukungan untuk WebView2 yang dihentikan per tanggal 10 Januari. WebView2 sendiri merupakan alat yang memungkinkan pengemban untuk menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi mereka.

Makna Berakhirnya Dukungan pada Windows 8.1

Dalam laman Dukungan Microsoft disebutkan, berakhirnya dukungan untuk Windows 8.1 bukan berarti laptop atau desktop tidak lagi bisa digunakan. Perangkat tersebut masih bisa berjalan dengan Windows 8.1.

Namun, Microsoft tidak menyediakan layanan terkait tiga hal, yaitu dukungan teknis dari masalah apa pun, pembaruan perangkat lunak, dan pembaruan atau perbaikan keamanan.

BACA JUGA:Cara Download Aplikasi TikTok di Laptop dan Panduan Menginstalnya

Alhasil dengan berhentinya layanan tersebut, perangkat memiliki risiko lebih besar terkena virus dan malware. Penyebabnya perangkat tidak dimutakhirkan untuk urusan keamanannya.

Kendati demikian, risiko ini dapat diminimalkan dengan memasang perangkat lunak antivirus dan atau antimalware yang disediakan pihak ketiga.

Saat ini Windows 11 menjadi versi terbaru dari sistem operasi yang dimiliki Microsoft. Jika perangkat tidak mendukung untuk penggunaan Windows 11, mungkin bisa dimutakhirkan dengan pemakaian Windows 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: